Jangan Lakukan Hal Ini Bila Ingin Sukses

3 November 2016 Artikel Pendidikan


Setiap orang memiliki artian masing-masing mengenai definisi sukses. Ada yang menganggap bahwa sukses adalah berhasil mendapatkan segalanya dalam hidup, seperti harta, tahta dan wanita yang cantik. Namun tentunya terdapat juga orang yang menganggap sukses itu adalah proses dalam menggapai sesuatu sampai mereka berhasil melakukannya. Tidak ada orang yang tidak menginginkan kesuksesan dalam hidupnya, dengan sukses mereka dapat meraih pikiran dan hati yang jernih serta kehidupan yang bahagia. Namun Anda harus tahu untuk menggapai kesuksesan itu tidak mudah, banyak terdapat tantangan yang harus dilalui. Oleh karena itu, untuk mencapai kesuksesan Anda harus berpikir ke depan. Janganlah membuat pikiran Anda jadi kacau memikirkan sulitnya mencapai kesuksesan. Dan Anda harus menghindari berfikir sesuatu yang menghambat kesuksesan. Lantas, apa saja hal yang tidak boleh dipikirkan ketika ingin mencapai kesuksesan?

Jangan Sekali-Kali Takut

Takut merupakan momok terbesar seseorang untuk mencapai kesuksesan. Ketika ingin membangun bisnis, Anda malah berpikiran sesuatu yang negatif terhadap bisnis yang Anda jalankan. Contohnya takut berhenti di tengah jalan, takut tidak dapat menghandlenya, atau takut bangkrut. Anda harus berani untuk mencoba, karena sukses datang setelah Anda melalui berbagai lika liku masalah menuju kesuksesan.

Jangan Menyiakan Kesempatan

Anda harus mengetahui kalau kesempatan itu tidak datang dengan sendirinya. Kesempatan datang berkat usaha dan kerja keras yang telah Anda lakukan. Meskipun kesempatan tersebut hanya seperti sebesar biji kurma. Anda harus mampu memanfaatkannya dengan baik, jangan malah menyia-nyiakannya dengan berharap mendapatkan sesuatu yang lebih besar.

Jangan Menyerah

Anda tidak boleh menyerah terhadap pekerjaan yang Anda lakukan. Jika gagal sekali, cobalah terus menerus untuk memperbaiki kesalahan penyebab kegagalan yang Anda lakukan. Jadikan kesalahan sebagai penunjang untuk meraih kesuksesan. Dengan menganilis setiap kesalahan yang muncul, Anda akan menjadi mengetahui mana yang terbaik untuk hidupmu.

Jangan Mengulangi Kesalahan

Meskipun Anda telah mengulanginya beberapa kali, namun Anda jangan sekali-kali mengulangi kesalahan yang sama. Hal tersebut menandakan Anda sebagai orang yang mau belajar dari kesalahan. Karena kesalahan yang dibuat hanya akan menganggu Anda dalam mencapai impian.

Melihat ke Atas Sebagai Motivasi

Ketika melihat orang-orang yang nasibnya berada dibawah Anda, mungkin ini akan mengajarkan Anda untuk selalu bersyukur. Akan tetapi, Anda juga harus melihat ke atas, jadikan kesuksesan orang-orang menjadi motivasi Anda agar dapat menjadi seperti mereka atau bahkan melewati kesuksesan mereka.

Jangan Memilih Jalur Instan

Anda tidak akan mengetahui betapa sulitnya mencapai kesuksesan bila Anda memilih jalur instan. Perjalanan menuju kesuksesan meninggalkan jutaan pengalaman yang ditinggalkan, dan pengalaman sangat berguna demi terciptanya masa depan yang cerah. Karena jika Anda memilih jalur instant, Anda tidak akan mendapatkan ilmu yang banyak. Disaat bekerja Anda tidak tahu ingin melakukan apa.

Sombong Pangkal Kehancuran

Sudah terbukti kebenarannya bahwa sombong adalah pangkal dari kehancuran. Banyak karir orang-orang yang hancur karena kesombongannya sendiri. Padahal jabatan, nilai, prestasi yang diraih itu masih kecil nilainya dibandingkan orang-orang hebat diluar sana. Menurut agama juga, sombong sangat dilarang.

Jadi, apakah Anda siap untuk sukses? Jika siap, jangan sekali-kali melakukan hal-hal diatas. Kesuksesan diraih dengan usaha dan kerja keras, banyak rintangan yang akan menghadang. Anda hanya tinggal menjalaninya dengan baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags