Jadikan Anak Teman Dekat Anda dengan Cara Ini!

25 Juli 2019 Artikel Pendidikan


Di zaman sekarang ini pergaulan anak sudah seperti tidak ada batasnya lagi. Bahkan terasa sangat sulit sekali membedakan mana pergaulan yang benar dan salah. Bagi orang tua tentunya sangat sulit mengawasi pergaulan anak mereka. Belum lagi kesibukan para orang tua yang membuat anak terasa jauh bagi mereka. Tiap-tiap orangtua pasti mempunyai mimpi besar untuk anak-anak mereka. Bila Anda mau yang dimimpikan itu tercukupi, Anda mesti belajar bagaimanakah jadi rekan untuk anak Anda. Mau tahu cara memenangkan keyakinan anak Anda?

Janganlah terlalu mengontrolnya

Salah satu kekeliruan yang kerap dikerjakan oleh umumnya orangtua yaitu berupaya mengatur semuanya perihal anak mereka. Adakalanya mereka terlampau mengontrol anak mereka atau demikian sebaliknya jadi tidak sering mengerjakannya. Sikap itu bikin anak-anak terasa takut, hingga pada akhirnya mereka tidak pernah terbuka di depan orangtua. Mereka berupaya menaruh sendiri permasalahan mereka serta tidak mau membaginya dengan orangtua. Jadi untuk dapat jadi rekan paling baik untuk anak Anda, janganlah coba mengikatnya terlampau kuat.

Berlaku tegas namun janganlah pernah berteriak

Bila anak Anda lakukan kekeliruan, itu bermakna dia memerlukan tuntunan Anda. Jadi janganlah pernah berteriak atau menakuti-nakutinya saat berbuat salah. Demikian sebaliknya, berlakulah sabar serta terangkan pada anak Anda apa yang benar serta salah. Sikap ini pasti bakal bikin dia terasa lebih di cintai.

Pahami pilihan anak

Hanya orangtua yang mengerti anak dari ujung kepala hingga ujung kakinya. Memahami pilihan anak seperti kegiatan, kesukaan dan hobinya, merupakan bentuk menghormati anak dan memperlakukannya sebagai individu yang spesial.

Berikan surprise

Sangatlah utama untuk berikan hadiah surprise pada anak. Tetapi, yakinkan bahwa itu tidak jadi suatu rutinitas selanjutnya. Berikanlah itu waktu anak tidak menginginkan apapun dari Anda. Anak Anda pasti bakal sangatlah nikmati peristiwa istimewa ini.

Luangkan waktu untuk anak

Buat anak Anda terasa bahwa Anda bakal senantiasa ada untuk dia. Anda mesti membuatnya terasa aman secara emosional, hingga dia dapat jadi lebih terbuka pada Anda. Tetapi, ini tidak bermakna bahwa Anda mesti senantiasa mengganggunya. Anda cuma mesti membuat perasaan aman dalam pikiran anak Anda lewat kalimat serta aksi Anda.

Itulah hal yang dapat Anda kerjakan untuk jadi lebih dekat dengan anak Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)