Jadi Orang Tua yang Baik, Lakukan Hal Ini!

24 November 2014 Artikel Pendidikan


Sangatlah penting bagi para orang tua bahwa semua ajaran yang diberikan kepada anak-anaknya akan memotivasi diri anak secara alami dan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Ajaran-ajaran yang sudah diberikan oleh kedua orang tua juga akan membuat sang anak merasa diperhatikan dan sangat dicintai oleh kedua orang tuanya.Tugas orang tua sendiri bukan hanya mengasuh anak tetapi mendidik anak dengan cara yang baik dan benar.

Banyak sekali tugas dan hal-hal baru yang harus dilakukan. Kebanyakan orang tua merasa memiliki kekhawatiran berlebihan akan tuntutan untuk menjadi orang tua yang sempurna. Seringkali orang tua malah menyalahkan dirinya sendiri ketika anak mengalami masalah seperti di keluarga, sekolah, atau lingkaran pertemanannya. Agar bisa jadi orang tua yang baik, Anda bisa melakukan hal ini.

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan:
1. Luangkan waktu buat anak
Di tengah semua kesibukan dan tanggung jawab Anda yang lainnya, Anda perlu meluangkan waktu khusus untuk anak-anak. Beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain menikmati waktu makan bersama-sama tanpa disibukkan dengangadget masing-masing, melakukan pekerjaan rumah tangga bersama-sama dengan saling berbagi tugas, atau sekadar menemani anak-anak belajar di malam hari. Ikatan dengan anak-anak akan semakin kuat apabila orang tua bisa memberikan prioritas yang tepat untuk mereka.

2. Jangan selalu berteriak
Anak-anak yang sering diteriaki, diancam, atau diejek akan menerima dampak negatif dalam perkembangannya. Saat marah pada anak-anak, jangan selalu berteriak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Sesekali Anda juga bisa langsung menjauh dari anak Anda untuk mendapatkan waktu tenang sendiri sebelum mendiskusikan sebuah hal.

3. Lakukan yang menyenangkan bersama anak
Bermain, berlibur, atau melakukan aktivitas menyenangkan bersama-sama bisa memberikan manfaat yang besar untuk membangun kedekatan dengan anak-anak. Sebagai contoh, olahraga bersama-sama di akhir pekan bisa merangsang produksi endorfin di tubuh yang akan membuat perasaan lebih senang dan bahagia.

4. Atur Jadwalnya
Sejak dini, bantu anak Anda untuk mengatur waktunya. Sebisa mungkin ajari anak Anda untuk membangun prioritas, mana yang perlu dilakukan dan mana yang tidak. Ini juga demi kepentingan anak Anda agar ia tidak kewalahan dalam melakukan kegiatannya dan tetap bisa optimal menyelesaikan tugas-tugasnya.

5. Jadilah Panutan yang Baik
Anak-anak mungkin tidak mendengarkan Anda, tapi mereka selalu memperhatikan Anda. Apa yang Anda lakukan dan katakan bisa sangat mudah ditiru oleh mereka. Ingin anak Anda mau mendengarkan? Kita harus mau mendengarkan perkataan mereka juga. Ingin agar Anak selalu berkata jujur? Kita juga harus bisa memperlihatkan kejujuran kita di hadapan mereka.

Intinya adalah selalu berusaha untuk terus belajar dan mendidik anak sebaik mungkin. Sebagai orang tua, kita pasti juga punya kekurangan dan kelemahan. Tinggal bagaimana kita menyikapinya .

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)