Jadi Guru Itu Menyenangkan, Benarkah?

19 Januari 2016 Artikel Pendidikan


Sesungguhnya bukanlah pekerjaan gampang menghadapi siswa di sekolah. Tentu saja banyak tantangan dan hambatan yang akan dihadapi oleh seorang guru. Bahkan hambatan itu tidak hanya berasal dari siswa melainkan juga berasal dari dalam diri guru itu sendiri. Sebagai pengajar, guru harus mengikuti sistem dan prosedur yang ditetapkan oleh pihak yang berkompeten. Misalnya, guru harus membuat perangkat mengajar yang disesuaikandengan kurikulum yang berlaku.

Perangkat ini tidak hanya untuk kepentingan mengajar melainkan juga sebagai bukti tertulis guru telah melaksanakan tugasnya. Dengan perangkat mengajar yang bagus, ternyata belum menjamin seorang guru akan sukses melaksanakan pembelajaran. Program yang telah disusun sedemikian rupa bahkan mendapat acungan jempol, bisa jadi tidak mencapai sasaran. Apa yang diprogramkan tidak dapat dilaksanakan dalam pembelajaran. Apa masalahnya?

Kadang-kadang ketika memulai pembelajaran terpaksa harus berhadapan dengan masalah yang berasal dari siswa yang akan diajar. Guru telah siap mengajar namun siswa belum siap menerima pelajaran. Siswa menunjukkan sikap dan perilaku menyimpang sehingga pembelajaran terkendala. Alhasil program yang telah dibuat oleh guru dengan baik menjadi berantakan.

Namun demikian banyak juga guru yang melewati proses pembelajaran dengan manis dan menyenangkan. Pembelajaran berjalan lancar dari awal sampai akhir. Meskipun ada kendala dari perilaku siswa yang menyimpang, mengganggu proses pembelajaran, semua itu dapat diatasi dengan gampang tanpa harus marah-marah dan membuang waktu. Maka jadilah profesi guru menjadi profesi yang menyenangkan.

Di sisi lain profesi guru itu bisa menjadi profesi yang menyenangkan, dimana seorang guru harus benar-benar tulus menjalankan tugas sebagai guru serta tulus menghadapi sikap dan perilaku siswa. Memiliki kemampuan luar biasa dalam mengatasi hambatan dan tantangan. Baik dari dalam dirinya sendiri maupun tantangan yang berasal dari peserta didik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)