Intip Beragam Tradisi Merayakan Valentine di Berbagai Negara

14 Februari 2015 Artikel Pendidikan


Hampir seluruh dunia merayakan hari kasih saying yang satu ini. Hari Valentine merupakan momen bagi sebagian remaja untuk merayakan hari kasih sayang. Bunga, cokelat, surat cinta hingga makan malam romantis, kerap dijadikan hadiah di hari valentine. Apapun bentuknya, Valentine selalu identik dengan suasana romantis.

Sama halnya dengan perayaan lainnya, hari Valentine yang jatuh tanggal 14 Februari dirayakan berbeda - beda di setiap negara. Berikut tradisi unik merayakan Valentine di beberapa negara:

Jepang

Di hari valentine, para wanita akan memberikan cokelat sebagai ungkapan kasih sayang. Jenis cokelat yang diberikan ada dua, yaitu ‘honmei-choko’ dan ‘giri-choko’. Honmei-choko diberikan kepada pria yang menjadi pujaannya, sedangkan giri-choko diberikan pada teman pria atau rekan kerja. Satu bulan setelahnya adalah White Day dimana pria yang menerima cokelat akan memberikan balasannya berupa hadiah yang 2 - 3 kali lipat yang diterima.

Amerika Serikat

Perayaan valentine di Amerika ditandai dengan saling tukar kartu. Ada banyak jenis kartu yang diberikan. Tidak hanya kartu yang dihias indah dan berisi kata - kata romantis, ada juga yang berisi humor -humor kejam. Tak jarang mereka mengkreasikan sendiri kartu Valentinenya untuk orang tercinta.

Inggris

Saat malam Valentine, pria dan wanita akan menyematkan empat lembar daun salam di sudut - sudut bantal mereka. Selain itu, mereka juga makan telur dan mengganti garam dalam makanan. Mereka percaya hal ini mampu menghilangkan masalah cinta dalam diri mereka dan memimpikan calon suami di masa depan bagi kaum wanita.

Afrika Selatan

Di negara ini hari Valentine dirayakan selama satu minggu. Tradisi Valentine mereka disebut Roman Love Festival, Lupercalia. Para wanita akan menuliskan nama pria yang dikasihinya pada lengan mereka. Hal ini dilakukan dengan harapan pria yang mereka tuliskan namanya memberi perhatian dan cinta yang sama seperti mereka.

Wales

Berbeda dengan negara kebanyakan, Wales merayakan hari Valentine pada 25 Januari. Tanggal tersebut dikenal juga sebagai hari Dwynwen. Uniknya, hari kasih sayang ini dirayakan dengan memberi hadiah berupa sendok cinta. Pada sendok dari kayu tersebut diukir nama mereka dan menghias pegangan sendok dengan symbol hati atau lonceng. Sendok itu akan diberikan pada wanita atau pria yang mereka sukai sebagai lambang keseriusan dan kemampuan mereka untuk membiayai kehidupan mereka berdua setelah menikah.

China

Dalam kalender China, hari Valentine dikenal dengan naam Qi Xi Jie. Tahun 2015 ini, Qi Xi Jie jatuh pada tanggal 20 Agustus. Dalam hari kasih sayang tersebut, orang yang sedang jatuh cinta atau menjalin hubungan akan mengunjungi kuil jodoh untuk berdoa dan meminta kebahagiaan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)