Inilah Usia yang Tepat bagi Si Kecil Boleh Makan Permen

10 April 2014 Artikel Pendidikan


Balita merupakan salah satu periode usia manusia setelah bayi sebelum anak awal. Buat orang tua yang baru punya momongan, pasti merupakan saat yang paling menyenangkan. Tapi ingat, banyak yang harus diperhatikan seputar kesehatan si kecil.

Tentu kita tidak mau si kecil sering sakit dan rewel bukan? Salah satu hal sering dilupakan para adalah tentang ketergantungan si kecil terhadap permen dan coklat. Lantas, sebenarnya umur berapa anak seharusnya baru boleh mengkonsumsi permen? Berikut ulasannya.

Menurut situs babycenter.com, usia ideal untuk bayi mula mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, adalah 2 tahun. Memang, jika mengingat masa kecil Anda dulu, umur 1 atau bahkan belum sampai satu tahun, Anda sudah mengkonsumsi banyak makanan manis yang satu ini. Dan ternyata hal itu tidak baik untuk masa depan anak. Alasannya, karena mengenalkan rasa manis terlalu dini, dapat mempengaruhi perilaku konsumtif anak nantinya.

Dari segi kesehatan, permen yang dikonsumsi anak tidak memiliki kandungan kalori sehingga tak baik untuk anak. Sementara, sekali saja anak-anak mengenal permen, anak-anak akan menjadi ketagihan. Padahal asupan gizi yang masih belum terpenuhi masih banyak, anak malah mintanya permen melulu.tidak ada salahnya mengenalkan permen pada usia dua tahun, agar perilaku hidup sehat juga sudah tertanam pada si kecil sejak dini.

Mengenalkan permen di usia 2 tahun, bukan berarti tidak mengenalkan rasa manis sama sekali. Kita bisa menggantinya dengan sesekali memberi coklat, es krim, atau pudding yang masih punya kandungan gizi dan nutrisi untuk anak. Jadi jangan sembarangan memberi jajanan buat anak

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)