Inilah Tips untuk Merubah Kebiasaan Buruk Anda!



Para ahli mengatakan otak manusia terdiri dari neuron-neuron yang bekerja sama dan menjalin kesatuan, dengan pola yang sama dari waktu ke waktu. Inilah yang biasa kita sebut dengan kebiasaan. Baik ataupun buruk, kebiasaan tersebut sering kali kita lakukan. Tapi Anda tidak maukan kebiasaan buruk Anda menyebabkan orang di sekitar menjauhi Anda?

Walaupun sudah menjadi kebiasaan, tak Anda dapat ‘dipaksa’ membangun sel-sel baru dan membentuk jalan menuju perilaku dan kebiasaan baru. Perlu niat yang besar dan kuat untuk membentuk kebiasaan baru tersebut. Dibawah ini beberapa tips untuk Anda yang ingin merubah kebiasan buruk:

Mulai dari sekarang

Memulai adalah bagian paling sulit dan paling penting dari proses. Jangan berpikir terlalu banyak tentang sesuatu hal, jangan merencanakannya terlalu detail, jangan menunggu hari Senin atau awal bulan depan untuk memulai. Lakukanlah sekarang!

Tetap konsisten

Konsistensi adalah kunci keberhasilan. Jika anda ingin mulai jogging, cukup jogging selama beberapa menit namun lakukan setiap hari. Jika anda ingin bangun lebih awal, bangun 10 menit sebelum waktu biasanya, lakukan setiap hari.

Nikmati tiap proses

Menikmati proses dalam mengubah kebiasaan Anda akan sangat membantu. Jadilah positif dan percaya diri pada kemampuan anda. Kemauan dan motivasi akan datang bersama-sama dengan perasaan puas dan menikmati proses transformasi yang berlangsung.

Libatkan teman dan keluarga

Tidak semua kebiasaan seseorang bisa diubah hanya dengan diri sendiri. Terkandang Anda perlu pertolongan orang lain untuk mendukung dan membantu Anda. Katakan pada mereka tentang rencana Anda untuk mengubah kebiasaan buruk yang Anda punya dan tanyakan kepada mereka untuk mendukung dan mengerti keadaan Anda untuk merubah kebiasaan buruk Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)