Inilah Tips Supaya Resolusi Tahun Baru yang Anda Buat Tercapai

3 Januari 2019 Artikel Pendidikan


Hal yang paling sering dilakukan kebanyakan orang di pergantian tahun ialah dengan membuat resolusi. Resolusi tahun baru tentunya bertujuan untuk mengevaluasi diri agar di tahun depan kita bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun, terkadang resolusi yang sudah susah payah Anda susun dan niatkan pergi begitu saja tanpa dievaluasi kembali.

Menyusun resolusi tahun baru bukan masalah tekad bulat saja yang diperlukan untuk bisa berhasil melakukannya di tahun depan. Namun ada juga beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui agar resolusi yang Anda buat tidak sekedar wishlist yang tidak pernah terwujud.

Berikut ini beberapa tips agar Anda berhasil dalam pelaksanaan resolusi tahun baru Anda ke depannya.

Membuat rencana

Anda harus memetakan cara agar resolusi itu bisa tercapai. Anda tentu tidak bisa mengejar mimpi tanpa ada perencanaan yg matang. Meskipun memang berani bermimpi itu diperlukan. Namun ingat, tanpa perencanaan, Anda hanya bisa bermimpi saja dan tidak pernah terwujud.

Resolusi yang realistis

Dalam menyusun resolusi tahun baru, Anda harus bersikap realistis dan jangan terlalu mengharapkan sesuatu yang sulit Anda capai atau bahkan mustahil untuk Anda gapai.

Berkomitmen

Hal dasar dari semua perencanaan dan keinginan yang hendak dicapai adalah sebuah komitmen. Berkomitmen dalam merencakan sesuatu untuk mencapai tujuan tidak hanya membuatnya mungkin tapi harus ada upaya yang dilakukan.

Catat setiap kemajuan yang Anda alami

Monitor setiap kemajuan. Salah satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi standar Anda adalah untuk cari tahu seberapa baik Anda melakukannya. Jika Anda sedang berdiet, menimbang diri sendiri atau rekam asupan kalori Anda sehari-hari. Jika gagal, biasanya akan memiliki energi untuk mengubahnya. Tanda-tanda keberhasilan juga akan mendorong Anda untuk terus berjalan.

Berdoa

Sebagai mahluk ciptaan tuhan, berdoa merupakan wujud syukur dan rangkaian harapan untuk mewujudkan segala keinginan. Yakinlah bahwa resolusi tersebut tidak akan terwujud hanya dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri. Untuk itu tingkatkan kualitas beribadah anda agar selalu mendapatkan petunjuk dan kemudahan dalam menjalani hidup. Dengan memohon pertolongan-Nya, Anda pun akan dimudahkan untuk mencapai keinginan yang menjadi resolusi di tahun ini.

Selamat Tahun Baru 2019!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags