Inilah Tips Jitu Hadapi Anak yang Cengeng

14 Desember 2018 Artikel Pendidikan


Bagi Anda orang tua baru yang mengurusi anak dengan mengandalkan diri sendiri tanpa bantuan orang lain, baik itu suster maupun pembantu. Tentu hal-hal kecil seperti anak cengeng dan merengek akan membuat Anda kebingungan, belum lagi jika sikap anak yang menangis disertai dengan perilaku yang buruk seperti membanting barang, berguling, atau menjerit. Walaupun cengeng tergolong wajar untuk usia balita, namun penanganan yang salah bisa menjadikan cengeng sebagai kebiasaan. Untuk mengatasinya, lakukan dengan bijak lewat beberapa tips berikut ini:

Kenali penyebabnya

Banyak hal yang bisa menyebabkan anak cengeng. Misalnya terlalu lelah, merasa tidak mampu melakukan sesuatu, atau kesal karena permintaannya tidak dikabulkan. Apa pun itu, coba lebih peka memahami alasannya menangis dan bantu dengan bijak menyelesaikan masalahnya.

Tetap tenang dan sabar

Kadang, apa pun cara yang dilakukan sulit mengubah pendirian anak untuk tetap menangis dan mengganggu. Jika seperti ini, coba abaikan tangisannya dan tetaplah bersikap tenang. Berusahalah tidak terpancing emosi selagi memberinya instruksi berulang agar ia juga menenangkan diri.

Beri kehangatan

Anak akan semakin membentuk perlawanan jika dikasari. Hanya kelembutanlah yang bisa menenangkannya. Oleh karena itu, peluk dan dekaplah saat ia tampak cengeng. Lakukan dengan tulus, keluarkan kata lembut dengan suara rendah untuk menenangkannya, dan jangan pernah mengancam.

Ajak komunikasi

Tanpa dikomunikasikan, penyebab anak menangis akan sulit diketahui. Pancing anak berkomunikasi mengenai kekesalan yang ia rasakan, dan bantu ia mengekspresikan perasaan tanpa perlu menangis. Jika ia tampak menjadi-jadi saat ditanya, beri waktu dulu hingga si anak tampak lebih tenang.

Jangan lupa penghargaan

Setelah si anak tenang, memberi penghargaan kecil berupa ciuman atau pujian yang bisa membantu anak paham bahwa cengeng bukanlah cara yang baik untuk menyelesaikan masalahnya.

Nah, untuk menghadapi anak yang cengeng sebenarnya bukanlah masalah besar. Selama dihadapi dengan bijak penuh kesabaran, si anak pun akan paham dengan sendirinya bahwa terus menangis tidak akan menyelesaikan masalah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)