Inilah Manfaat Dahsyat Mendongeng bagi Buah Hati

3 Agustus 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Di zaman digital seperti sekarang ini orang tua lebih banyak memberikan hiburan yang bersifat modern atau menggunakan perangkat dengan teknologi yang canggih, misalnya dalam bentuk VCD, games PC, dan lainnya. Budaya mendongengkan anak sebelum tidur yang biasa dilakukan oleh orang tua di zaman dahulu mulai ditinggalkan. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas mendongeng, apalagi bila aktivitas ini dilakukan oleh orangtua kepada anaknya. Apa saja itu?

1. Melatih anak menjadi pendengar yang baik

Banyak sekali permasalahan kecil menjadi besar karena seseorang kurang memiliki kemampuan dalam hal mendengarkan pendapat orang lain. Ditambah lagi bila kontrol emosi seseorang masih sangat labil, perselisihan, pertengkaran, dan bahkan perkelahian bisa terjadi karena suatu perihal sepele. Pembiasaan mendengar yang diperoleh sang buah hati saat sedang dibacakan cerita oleh orang tua akan menstimulasi kemampuan mendengarnya. Anak akan menjadi orang yang sabar dan tenang dalam hal berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini terjadi karena kemampuannya menjadi pendengar yang baik sudah terasah sejak kecil.

2. Menstimulasi Kecerdasan Verbal

Ada banyak kata-kata baru yang orang tua ucapkan saat mendongeng. Biasanya anak-anak akan bertanya apa artinya, dan orang tua pun menjelaskannya dengan sabar. Dalam cerita dan dongeng, anak dikenalkan dengan berbagai kosakata baru. Dengan seringnya anak dibacakan cerita maka kemampuan berbahasa termasuk penguasaan kosa katanya akan bertambah. Kemampuan berbahasa ini juga menjadi dasar keterampilan komunikasi anak di masa datang.

3. Menstimulasi kemampuan anak berinteraksi dengan orang lain

Banyak anak-anak tumbuh menjadi anak yang pendiam karena jarang berkomunikasi dengan orang tuanya. Hal ini biasanya terjadi karena orangtua yang terlalu sibuk dan memasrahkan kepada nanny yang belum tentu paham pada perkembangan anak. Dialog yang terjadi antara orang tua kepada buah hatinya pada saat membacakan cerita akan meningkatkan kepercayaan diri anak untuk berbicara, bertanya, dan mengungkapkan pendapat. Orang tua bisa memancing anak untuk aktif saat melakukan aktivitas dongeng. Misalnya dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara, mengeluarkan pendapat, maupun bertanya.

4. Melatih kemampuan anak dalam menganalisa sesuatu

Setiap dongeng memiliki keunikan tersendiri. Bebeberapa diantaranya adalah memiliki perbedaan alur cerita, tema cerita, tokoh, akhir cerita, dan lainnya. Hal-hal ini bisa kita tanyakan kepada anak. Akan lebih baik lagi bila kita memberikan penghargaan kepada anak bila anak bisa menjawabnya dengan benar. Hal ini akan memacu anak agar bisa lebih fokus dalam mendengarkan cerita.

5. Menanamkan minat anak agar cinta baca

Jalan cerita yang bagus, gambar-gambar yang menarik, serta pembawaan cerita yang baik bisa memberikan efek kebahagiaan bagi anak. Kebahagiaan anak yang didapat saat mendengarkan dongeng akan membuat anak untuk semakin mencintai buku cerita dan buku-buku bacaan.

6. Memperluas pengetahuan umum anak

Banyak penulis cerita mengambil nama tempat, tokoh terkenal, kebudayaan dan lainnya dalam menulis sebuah cerita. Bahkan beberapa cerita adalah berdasarkan pada kisah nyata. Ada juga cerita yang berkisah tentang gejala alam, benda langit, dan berbagai hal yang berhubungan dengan alam. Tentu saja hal ini akan memperluas pengetahuan umum anak. Bila anak tidak memahami suatu nama tokoh, tempat, dan istilah yang sulit, alangkah lebih baik bila kita menjelaskannya juga dengan kesabaran.

7. Mempererat jalinan kasih sayang orang tua dan anak

Aktivitas mendongeng yang dilakukan oleh orang tua kepada buah hatinya mampu membangun ikatan batin antara orangtua dan buah hatinya. Kegiatan membacakan cerita kepada anak membangun interaksi yang positif antara orang tua dan anak, membiasakan sebuah komunikasi yang terbuka dan akrab, membangun kepercayaan anak kepada orang tua, dan pada akhirnya mempererat jalinan kasih orangtua dan anak.

8. Sarana membangun karakter anak

Anak-anak biasanya akan merasa bosan atau merasa diomeli oleh orangtua bila tiba-tiba menasihati pada saat anak tidak melakukan kesalahan. Dan apakah menasihati hanya dilakukan setelah anak melakukan kesalahan? Tentu tidak! Media dongeng sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan kebaikan pada anak, yang pada saat ini lebih akrab disebut pendidikan karakter.

Melalui tulisan ini, saya mengajak orang tua agar mendongengkan buah hatinya secara rutin. Selain manfaat di atas, aktivitas mendongeng juga memiliki manfaat menyembuhkan. Anak-anak yang dalam keadaan stres, mengalami masalah dengan orang tuanya, atau merasa bosan dengan segala aktivitas, bisa mengalami kesembuhan bila mendengarkan dongeng, apalagi bila dongeng itu diceritakan oleh orang tuanya yang tersayang.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)