Inilah Kiat-Kiat Jitu dalam Belajar yang Perlu di Lakukan

14 September 2018 Artikel Pendidikan


Di dalam proses belajar tidak akan ada yang menyangkal bahwa belajar membutuhkan fasilitas yang menunjang. Tidak jarang orang yang belajar tanpa dibantu dengan fasilitas pasti mendapatkan hambatan. Oleh karena itu fasilitas tidak bisa diabaikan dalam masalah belajar seperti buku yang menunjang pembelajaran, komputer untuk memenuhi tugas-tugas dan kertas-kertas yang sering Anda butuhkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua pelajar atau mahaisiswa memiliki fasilitas yang memadai, karena tidak semua berasal dari keluarga yang berkecukupan. Untuk itu bagi Anda yang belum terpenuhi fasilitas dalam belajar, Anda perlu menerapkan prinsip prioritas, Anda perlu memilih mana yang lebih dulu di butuhkan dan mana yang bisa sementara untuk di tunda.

Selain itu Anda perlu mengatur waktu belajar dan mengulang bahan pelajaran karena itu sangat penting agar Anda tidak mengalami masalah dalam kegiatan belajar. Jangan sampai Anda menerapkan SKS alias sistem kebut semalam , yaitu Anda belajar jika esok hari akan mengikuti tes saja, tetapi Anda tidak mengatur waktu belajar pada setiap harinya dan tidak mengulang bahan pelajaran pada setiap harinya.

Kiat belajar yang jitu jika di sekolah yaitu Anda perlu masuk kelas tepat waktu, ini penting, karena masuk terlambat itu berarti menandakan Anda tidak bersemangat sekolah. Kalau perlu 15 menit sebelum bel berbunyi Anda harus sudah ada di kelas agar bisa menyiapkan fisik pikir untuk menerima pembelajaran.

Selain itu di kelas Anda harus memperhatikan guru, mencatat hal-hal yang penting, menghubungkan pelajaran yang sedang diterima dengan bahan yang sudah dikuasai, aktif bertanya juga jika ada hal-hal yang belum Anda mengerti, dan Anda perlu memanfaatkan perpustakaan yang ada di sekolah.

Jadi, mari tanamkan kiat-kiat jitu ini dalam kegiatan belajar Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)