Inilah Cara Tepat Mendampingi Anak untuk Belajar

20 Mei 2016 Artikel Pendidikan


Sebagai orangtua tentu perlu mendampingi anak-anak dalam belajar. Semangat anak dalam belajar yang kadang-kadang naik-turun membuat Anda sebagai orangtua memerlukan beberapa cara bagaimana agar anak tetap mempunyai semangat dalam belajar. Memang anak-anak membutuhkan kebebasan dalam hal bermain, namun tidak dalam hal belajar. Jadi, tugas Anda sebagai orangtua harus mendampingi dan mengarahkan anak. Memang orangtua kadang mengalami kesulitan bila menyuruh anak untuk belajar atau mengerjakan PR nya. Namun ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan.

Bila Anda ingin membangkitkan semangat anak untuk belajar, tentu bisa dengan memberi anak penghargaan. Tidak harus uang, Anda bisa menawarkannya beberapa hadiah yang lain bila anak rajin belajar atau mencapai suatu prestasi. Dengan penghargaan itu anak akan lebih semangat dan lama-kelamaan akan terbiasa meskipun Anda tidak memberinya hadiah.

Sebagai orangtua penting juga untuk memberitahukan kepada anak seberapa penting belajar itu. Berikan pemahaman mengapa anak harus belajar dan apa yang anak dapat bila ia tekun belajar baik di sekolah maupun di rumah. Dengan begitu anak bisa termotivasi untuk belajar tanpa menunggu perintah. Namun ingat agar memberi pemahaman dengan bahasa anak-anak agar mudah dipahami. Anda bisa memulainya dengan berdongeng agar anak tertarik.

Hal yang berpengaruh dalam semangat anak belajar adalah situasi dalam belajar. Anda perlu mengatur sedemikian rupa ruangan belajar anak, pencahayaan dan beberapa alat pendukung yang membuatnya semangat. Anda bisa menyediakan ruang belajar dengan warna yang cerah juga beberapa mainan edukasi. Waktu yang tepat untuk mendampingi anak belajar pun perlu diperhatikan. Sebab jangan sampai Anda terkesan memaksa anak untuk belajar.

Di rumah tentu orangtua berperan sebagai guru. Jadi carilah cara yang efektif dan menarik dalam mendampingi anak untuk belajar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)