Inilah Cara Siswa untuk Pintar Membagi Waktu

27 Mei 2016 Artikel Pendidikan


Pintar dalam membagi waktu menjadi aspek penting bagi siswa menuju gerbang keberhasilan meraih prestasi. Siswa yang pintar membagi waktu akan berpeluanguntuk sukses dalam belajar.Siswa harus mampu dan terampil memanfaatkan waktu demi waktu yang tersedia setiap hari. Dengan begitu semua aktivitas rutin sebagai siswa dapat berjalan dengan lancar.Sehari semalam lamanya 24 jam. Waktu itu akan digunakan oleh siswa untuk melakukan berbagai jenis aktivitas rutin. Anda anak sekolahan, ada dua tempat Anda beraktivitas. Aktivitas di sekolah dan di rumah.

Lalu bagaimana cara pintar dalam membagi waktu?
1. Buat agenda harian
Agenda harian berfungsi sebagai skedul rangkaian kegiatan siswa setiap hari. Pulang sekolah mungkin Anda perlu istirahat sejenak setelah sekian jam beraktivitas belajar di sekolah. Tentu saja istirahat yang paling baik adalah tidur. Menyediakan waktu tidur sampai satu jam penting artinya untuk memulihkan stamina tubuh dan otak Anda.Setelah itu Anda dapat bermain sebentar. Bermain bersama teman di luar rumah, berselancar di dunia internet, mendengar musik kesukaan, dan lain sebagainya. Bermain bersama teman di luar rumah penting juga dilakukan. Tujuannya membina hubungan sosial dan silaturahmi. Tapi jangan terlalu lama atau sempat menyita waktu Anda.

2. Disiplin terhadap waktu
Yang sulit bagi siswa adalah disiplin terhadap waktu. Namun perlu Anda melatih diri sejak awal agar terbiasa melakukannya. Apa yang telah Anda susun dalam agenda harian perlu ditaati dengan sungguh-sungguh. Jangan coba-coba untuk melanggar skedul agenda harian Anda sendiri. Sekali Anda melanggar skedul agenda harian akan menjadi kebiasaan.

3. Minta dukungan orangtua
Aktivitas harian siswa tidak lepas dari tanggung jawab orangtua. Anda harus memberi tahu kedua orangtua dan minta restu tentang skedul kegiatan harian untuk dapat diterapkan. Dengan demikian orangtua Anda akan memahami seluk-beluk aktivitas Anda sebagai seorang siswa di rumah. Jika Anda lalai atau terlupa misalnya, orangtua bisa mengingatkan Anda.

Itulah cara siswa membagi waktu agar sukses dalam belajar. Sukses belajardalam pengertian meraih prestasi belajar memuaskan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)