Inilah Alasan Balita Suka Melempar Barang

9 November 2019 Artikel Pendidikan


Pernahkah Anda perhatikan balita yang suka melempar barang yang kita berikan? entah itu mainan, makanan atau apapun? Apakah hal itu dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak? Tenang saja, fase ini merupakan fase perkembangan anak yang normal.

Menurut ahli tumbuh kembang anak, dr Hardiono D Pusponegoro SpA(K), kebiasaan melempar barang atau mainan ini, biasa terjadi pada sebagian besar anak. Hanya saja, kebiasaan melempar tersebut bisa saja berarti positif atau negatif bagi anak.

''Sebagian besar anak yang senang melempar mainannya merupakan bagian perkembangan yang normal,'' ujar Hardiono yang juga ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini.

Bagi anak, melemparkan mainan atau barang lain sebenarnya ia sedang mempelajari apa yang terjadi apabila ia melemparnya. Si anak akan mengulangi kedua dan ketiga kalinya untuk mengetahui apa yang terjadi karena bagi mereka ini merupakan hal yang baru. Setelah melemparnya berulang kali, si kecil baru akan memahami dengan caranya yang sederhana, bahwa bagaimana keadaan barang yang telah ia lempar itu.

''Kadang anak yang suka melempar semua mainan tanpa alasan juga bisa berkembang menjadi anak yang agak hiperaktif. Jadi, ada perbedaan antara melempar untuk belajar dan melempar yang kurang baik,'' paparnya.

Dalam menangani anak yang seperti ini, hal yang seharusnya dilakukan orang tua adalah menyalurkan pada kegiatan yang positif seperti bermain lempar bola. Ketika anak melemparkan mainannya tanpa tujuan, ajak ia bicara mengenai hal tersebut. Kemudian ajak ia bermain permainan yang mengaplikasikan sebuah lemparan sehingga hal ini berubah menjadi kegiatan yang positif.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)