Inilah 5 Tips Agar Si Kecil Tidak Takut Akan Gelap

26 September 2014 Artikel Pendidikan


Anak- anak membutuhkan waktu tidur yang cukup dan istirahat yang tenang. Anak sering kali merasa takut ketika harus tidur dalam gelap sendiri. Banyak orang tua yang merasa bingung mencari solusi agar anak mereka tidak lagi takut untuk tidur di dalam gelap.

Tidur dalam gelap sangat baik karena tidak ada cahaya yang akan mengganggu ketenangan saat anak Anda tidur. Otak anak juga bisa diistirahatkan ketika tidurnya tidak terganggu dengan cahaya yang terlalu terang di kamarnya. Namun bagaimana membuat anak Anda berani tidur sendiri terlebih di dalam gelap? Ikuti tips berikut ini yuk,

1. Tambahkan Cahaya

Terkadang yang dibutuhkan oleh si kecil adalah sedikit cahaya di dalam ruangan. Coba belikan lampu tidur yang lucu seperti bentuk bintang atau bentuk-bentuk yang jadi favoritnya. Anda bisa letakan di samping tempat tidurnya gantung di tengah-tengah kamarnya. Hiasi juga kamar si kecil dengan mainan yang bisa glow in the dark. Lampu tidur ini berguna untuk biasakan si kecil tidak tidur dalam keadaan terang. Si kecil dijamin bisa tidur lebih nyenyak dan tenang. Bila ada lampu tidur yang menenami, rasa takut anak Anda tentu akan berkurang.

2. Gelap Juga Bisa Fun

Cobalah ciptakan permainan yang melibatkan ruang gelap. Bangun suasana yang menyenangkan walaupun lampu padam. Misalnya bermain tepuk bantal atau berkemah dengan sprei di kamar. Anda juga bisa ajak jalan-jalan si kecil saat senja, waktu matahari terbenam, dan anak bisa melihat tenggelamnya matahari dan hari pun menjadi gelap. Ini bisa bantu anak agar tidak takut dengan kegelapan dan si kecil pun akan merasakan bahwa ruang gelap itu nggak selalu mencekam.

3. Sediakan Penjaga

Saat si kecil bersungguh-sungguh takut akan adanya yang ganggu dirinya saat gelap, coba Anda beri si kecil teman saat tidur. Yang paling ampuh adalah boneka seperti boneka teddy bear yang besar. Kalau si kecil merasa takut, dia bisa segera memeluk teman tidurnya segera. Ketika si kecil tidak percaya bahwa tidak akan ada yang ganggu dirinya, coba tempatkan salah satu boneka di ambang pintu kamarnya sebagai "penjaga" yang akan menjaga buah hati Anda dari gangguan-gangguan imajinasinya.

4. Cari Tahu Penyebabnya

Kebanyakan anak-anak takut gelap karena imajinasi mereka sendiri. Seperti takut akan didatangi monster atau ada yang keluar dari lemarinya kala ruangan gelap. Nah, sebelum berasumsi lebih baik segera tanyakan kepada anak Anda mengapa takut ruang gelap. Jika alasannya berasal dari imajinasinya, yakinkan bahwa yang ada di pikiran anak Anda adalah hal yang tidak akan terjadi. Itu semua muncul dari imajinasi anak Anda saja. Tenangkan si kecil dengan meyakinkan bahwa semua aman-aman saja dan Anda akan segera datang bila terjadi hal yang dipikirkan anak Anda. Kalau anak Anda masih terus merasa ketakutan, cobalah berdiskusi dengan dokter atau psikolog anak.

5. Tidak Semua Monster Jahat

Beberapa anak percaya kalau ada yang akan mendatangi mereka di saat tidur, seperti monster jahat yang ada di film-film anak. Jika itu terjadi pada anak Anda cobalah kenalkan si kecil dengan monster-monster ramah di buku atau film anak-anak. Jelaskan bahwa nggak semua monster jahat, monster pun ada yang ramah. Untuk lebih meyakinkan cobalah perkenalkan tokoh monster yang ramah lewat film. Monsters Inc., Shrek, Lilo & Sticb bisa jadi pilihan film Anda dengan si kecil.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)