Inilah 5 Manfaat Tidur Bersama Si Buah Hati

30 Juli 2019 Artikel Pendidikan


Mempunyai seorang anak merupakan suatu anugerah bagi orang tua. Ketika tidur biasanya beberapa orang tua memutuskan dimanakah bayi mereka akan tidur. Terpisah dengan orang tua, atau tidur bersama si kecil.

Mungkin bagi sebagian orang di Indonesia, tidur dengan cara terpisah atau box tidur sendiri kurang begitu populer dibandingkan orang barat sana. Di Indonesia sendiri, banyak orang tua yang lebih memilih tidur bersama buah hatinya dengan alasan beragam. Ternyata, menurut beberapa penelitian, tidur bersama anak mempunyai manfaat istimewa lho.

Berikut merupakan berbagai manfaat dari tidur bersama si buah hati:

Membangun kepercayaan diri

Jika si anak yang dibiasakan tidur bersama orangtuanya, maka si anak akan tumbuh sebagai pribadi yang percaya diri. Dibanding anak yang tidur terpisah dengan orangtuanya, anak yang berbagi tempat tidur ini cenderung mau berbagi perasaan mereka ketika bahagia atau kepuasan mereka terhadap sesuatu.

Mempererat orangtua dan bayi

Tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri pada anak, tidur bersama bayi juga mampu meningkatkan ikatan orangtua-bayi. Ini disebabkan Anda memiliki sentuhan waktu tidur malam hari dan memberi kenyamanan bayi. Tidur bersama bayi dan pasangan juga membangkitkan keintiman keluarga. Beda cerita jika si anak tidur terpisah dengan orang tua, maka Anda harus direpotkan untuk bolak-balik demi mengetahui kondisi si kecil.

Lebih tepat bagi orangtua sibuk masa kini

Kebanyakan orang tua masa kini lebih cenderung sibuk akan aktivitas. Maka, tidur dengan berdekatan buah hati dan pasangan memungkinkan ibu dan bayi menyambung ikatan batin dan memperbaiki hubungan di tiap hari. Ini adalah mengapa tidur bersama juga sangat berharga bagi orangtua yang bekerja. Kehadirannya yang sangat dekat, melihat setiap inchi gerak tubuh dan kembangnya menjadi momen yang tidak boleh Anda lewatkan bersama si kecil.

Menyusui lebih mudah

Sering nangis di tengah malam, ataupun terbangun dari tidur lelap karena tangisan si kecil merupakan sesuatu yang sedikit merepotkan. Apalagi jika ia lapar dan ingin segera minta diberikan ASI. Dengan tidur berdekatan dengan si buah hati, Anda tentunya tidak perlu repot-repot keluar kamar. Hal ini juga akan membuat tidur si kecil lebih cepat.

Mengurangi Risiko Gangguan Stress dan SIDS

Menurut beberapa penelitian, psikiater dari Universitas Harvard, Michael Commons telah menemukan bahwa bayi yang tidur sendiri cenderung memiliki risiko tinggi untuk gangguan stres dan SIDS (Sudden infant death syndrome). Sementara anak yang tidur dengan orangtuanya, mengikuti harmonisasi psikologis dari ibu mereka. Maka dari itu sangatlah penting untuk tidur bersama si kecil. Jangan lewati setiap momen berharga bersama si buah hati dan tetap jaga keharmonisan rumah tangga Anda ya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)