Inilah 5 Langkah untuk Memotivasi Siswa

27 Oktober 2016 Artikel Pendidikan


Syarat agar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran secara aktif adalah kesiapan dari siswa itu sendiri. Siswa yang tidak siap mengikuti proses pembelajaran ini tidak akan dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan oleh seorang guru. Salah satu yang dapat dilakukan oleh guru untuk menyiapkan siswa agar siap mengikuti proses pembelajaran adalah dengan memberikan motivasi kepada siswanya. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa sesuai dengan keperluannya. Masalahnya apakah motivasi yang diberikan itu mampu menjadikan siswa termotivasi?

Yang penting adalah setiap memulai pelajaran dengan tema baru jangan lupa untuk menyampaikan kepada siswa tentang kemampuan yang harus dikuasai siswanya setelah proses pembelajaran berakhir. Kemudian upaya guru harus dapat menghubungkan, mengaitkan kemampuan yang didapat siswa di sekolah jika mereka berada dilingkungan masyarakat, baik pada masa sekarang maupun pada masa akan datang.

Inilah langkah memotivasi siswa dengan cara menghubungkan pengetahuan yang didapat di sekolah:

  1. Ajak siswa untuk membandingkan bidang pekerjaan pada zaman dulu, sekarang, dan gambaran pekerjaan pada masa akan datang.
  2. Ceritakan kepada siswa tentang hubungan suatu pekerjaan dengan perkembangan teknologi.
  3. Ajak siswa mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan, contohnya pekerjaan yang ada di sekitar lingkungan siswa.
  4. Tanyakan kepada siswa apa cita-cita mereka. Berikan pemahaman atau masukan bahwa untuk mencapai cita-citanya, mereka harus belajar dengan sungguh-sungguh.
  5. Sampaikan kepada siswa bahwa apapun pekerjaan yang akan dipilih sesuai dengan cita-citanya itu sangat memerlukan bekal ilmu pengetahuan yang bisa didapatkannya melalui belajar di sekolah dengan bersungguh-sungguh.


Proses memotivasi siswa dengan cara ini memerlukan kesabaran dan ketekunan dari guru. Hasil yang diinginkan tidak terjadi secara spontan, tetapi akan terjadi secara perlahan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)