Inilah 5 Karakter untuk Keluarga Bahagia

9 April 2016 Artikel Pendidikan


Keluarga merupakan salah satu unit masyarakat yang paling kecil yang terdiri dari kepala rumah tangga dan beberapa anggota keluarga yang tinggal bersama. Dan setiap orang pasti akan mendambakan keluarga yang bahagia dalam kehidupannya. Memang tidak mudah untuk memiliki kebahagiaan dalam keluarga, namun bukan berarti kita berhenti berusaha. Namun, tahukah Anda bahwa karakter dari masing-masing individu sebenarnya berperan penting dalam menentukan kebahagiaan keluarga?

Berikut 5 karakter yang bisa Anda tiru agar keluarga Anda bahagia.
1. Jujur

Bersikap terus terang dan segera mengakui setiap kesalahan tidak akan merendahkan harga diri Anda, tetapi justru akan membuat anggota keluarga Anda menaruh rasa percaya dan hormat serta bersedia memaafkan kesalahan Anda.

2. Saling menolong
Di dalam keluarga yang bahagia tiap-tiap orang memahami peran mereka dengan baik, sehingga ketika ada salah satu anggota keluarga membutuhkan perhatian atau mengalami kesulitan, maka anggota keluarga yang lain akan segera memberikan bantuan tanpa pamrih.

3. Saling menghormati
Saling menghormati akan menciptakan suasana yang damai dan tentram dalam keluarga. Namun sebagai orangtua, Anda terlebih dahulu harus bisa menjadi teladan yang baik bagi anak-anak, agar kelak ketika sudah tumbuh dewasa anak-anak mampu menerapkannya dalam kehidupan rumah tangganya.

4. Komunikasi yang lancar
Menciptakan keluarga yang bahagia tergantung bagaimana cara masing-masing anggota keluarga untuk selalu berkomunikasi. Jadi, untuk menghindari segala bentuk kesalahpahaman diantara anggota keluaraga, biasakanlah untuk komunikasi dan diskusikan bersama setiap permasalahan yang terjadi.

5. Cinta
Sebuah keluarga akan disebutkan bahagia jika setiap anggota keluarga memiliki rasa cinta. Rasa cinta yang seperti ini akan membangkitkan semangat untuk saling memiliki satu sama lain. Dengan cinta hubungan antara keluarga terutama bagi ayah dan ibu akan semakin solit, sehingga membuat mereka lebih kuat dalam menjalani sebuah lika-liku kehidupan.

Menciptakan sebuah keluarga yang bahagia memang dibutuhkan upaya, tidak hanya dari satu orang tetapi harus melibatkan seluruh anggota keluarga.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)