Inilah 5 Kalimat Bijak yang Harus Didengar oleh Setiap Anak



Sebagai orangtua, sudah seharusnya anak-anak menjadi prioritas utama. Apalagi, jika menyangkut persoalan tumbuh kembang mereka. Anak adalah aset luar biasa yang dititipkan oleh Tuhan kepada kita. Memiliki anak sama dengan memiliki tanggung jawab yang besar. Anda bertanggung jawab penuh padanya, bagaimana cara mendidik mereka, apa saja yang mereka butuhkan untuk bertumbuh, serta curahan kasih sayang Anda sangat mereka butuhkan.

Selain itu, Anda juga bertanggung jawab untuk membimbing mereka. Karena mengasuh anak tidak lah mudah, kadang Anda harus memilah-milah kata yang pantas untuk diucapkan. Apalagi jika anak Anda masih kecil. Seperti yang dilansir dari babble.com, berikut words of wisdom yang harus didengar semua anak di dunia.

1. "Kamu tak pernah sendirian"

Iya, apapun yang terjadi, mereka tak akan pernah sendirian. Anda, semua anggota keluarga, ataupun sahabat mereka kelak pasti akan selalu ada. Ajari mereka mandiri, apapun yang bisa mereka lakukan sendiri, lakukan. Tetapi jika mereka merasa gagal atau mempunyai masalah, ingatkan bahwa mereka tak pernah sendirian.

2. Semua ada waktunya

Kesabaran adalah sebuah kebajikan. Tanamkan pada anak Anda buah-buah kesabaran. Tidak semuanya yang mereka inginkan dapat terkabul sekarang juga. Seperti kalimat klise 'Semua Indah Pada Waktu-Nya', tetapi memang janji Tuhan tak pernah ingkar.

3. "Jeans never go out of style"

Katakan pada mereka bahwa tidak selamanya menggunakan jeans itu keren. Pakailah pakaian sesuai seragam sekolah dan jangan khawatir tentang mode. Hal ini mengajarkan kepada anak-anak kita untuk mematuhi peraturan yang ada, meskipun banyak godaan.

4. "Keep on, keepin' on"

Hidup tak selamanya mudah. Pasti ada kerikil-kerikil yang menghambat jalan anak Anda kelak. Ajari mereka semangat pantang menyerah. Kerja keras dan ketekunan yang akan mengantar mereka pada gerbang kesuksesan.

5. Taklukkan dunia

'Dunia ada di tanganmu, nak', biarkan mereka belajar apa saja. Kembangkan potensi mereka. Ketidaknyamanan dalam melakukan sesuatu membuat mereka tidak berkembang. 'Tak ada noda, tak belajar' begitu kata salah satu iklan.

Meskipun memiliki anak adalah tanggung jawab yang besar, jangan jadikan beban. Orang tua merupakan salah satu jalan anak untuk menuju sukses.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)