Inilah 5 Cara Sederhana untuk Merasa Lebih Bahagia

8 Februari 2018 Artikel Pendidikan


Menjadi bahagia itu sebetulnya sederhana. Sekalipun anda bukan orang terkenal, bukan orang kaya, tak punya mobil berjejer-jejer atau uang segudang, anda tetap bisa bahagia. Ada cara-cara simpel untuk menjadi bahagia yang bisa dilakukan oleh siapapun. Tak terkecuali oleh Anda tentunya. Bahagia adalah hak setiap orang. Rasa bahagia bagaimanapun dapat mempengaruhi kesehatan sehingga orang yang bahagia biasanya dapat lebih panjang umur. Namun kadang hidup tak selalu dipikir bahagia oleh Anda.

Padahal, mungkin masih banyak hal di sekitar Anda yang dapat membuat Anda merasa bersyukur dan bahagia. Ada yang bilang bahagia itu "diciptakan" bukan "dicari". Ini mungkin benar, karena Anda sebenarnya dapat menciptakan sendiri kebahagiaan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat Anda lakukan untuk merasa lebih bahagia.
1. Nikmati segala proses, bahkan kegagalan.

Jangan takut dalam menghadapi tantangan dan hal-hal yang baru, karena itulah kunci kebahagiaan. Otak manusia jika dirangsang dengan kejutan maka akan memberikan rasa puas yang kuat. Selalu katakan pada diri Anda, "nikmati hikmah dari kegagalan."

2. Jangan "memanjakan" rasa sedih Anda.

Orang seringkali justru menikmati berlarut-larut dengan rasa sedih. Bahkan rasa sedih seringkali jadi alasan orang untuk makan lebih banyak dan menghamburkan banyak uang. Maka Anda harus lakukan sebaliknya, keraslah pada rasa sedih Anda. Jangan biarkan Anda berlarut-larut dalam kesedihan.

3. Jangan mulai dengan hal-hal besar.

Pencapaian besar mungkin dapat membahagiakan. Namun apa salahnya jika hal-hal kecil yang sepertinya terlihat sepele sudah dapat membuat Anda lebih bahagia. Cobalah untuk tidak menunggu hingga terlalu lapar untuk makan dan cukup tidur. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kedua hal ini memiliki dampak besar pada kebahagiaan.

4. Jangan biarkan kemarahan terlalu lama.

Penelitian menunjukkan, bagaimanapun, amarah merupakan rasa alamiah manusia. Orang tidak dapat terlepas dari rasa marah. Namun setidaknya manusia dapat mengendalikannya. Jangan biarkan rasa itu bertahan terlalu lama dalam pikiran Anda. Lepaskan kemarahan dan rasa negatif lainnya sesegera mungkin.

5. Berpura-puralah sampai Anda merasakannya.

Perasaan mengikuti tindakan. Jika Anda sedang merasa sedih, sengajalah untuk bertindak ceria, maka Anda akan menemukan diri Anda benar-benar merasa bahagia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags