Inilah 5 Cara Mengembangkan Keingintahuan Anak

9 Juni 2018 Artikel Pendidikan


Orang tua diharapkan menjadi buku ensiklopedia, filsuf, atau bahkan dokter bagi anak-anak. Bahkan, kadang sang anak tidak berhenti bertanya sampai orang tua tidak bisa menjawab pertanyaannya lagi. Anak sering kali melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang terkadang gampang-gampang sulit, merepotkan, dan lucu. Salah satu sikap ilmiah yang perlu mendapat perhatian adalah rasa ingin tahu terhadap fenomena alam dan lingkungan sekitarnya. Keingintahuan anak kadang-kadang memerlukan pembuktian ilmiah sesuai perkembangan fikiran anak. Pembuktian itu dilakukan dengan metode ilmiah seperti melalui praktikum sederhana.

Berikut adalah 5 cara untuk mengembangkan keingintahuan anak. Menurut Pam Schiller penulis buku "the Seven Skills for School Success", keingintahuan adalah kunci kecerdasan. Keingintahuan ini dapat dipupuk melalui beragam kegiatan dan pengalaman untuk merangsang otak anak.

1. Merubah Tempat
Usaha pertama untuk mengembangkan keingintahuan adalah dengan merubah tempat anda biasa menaruh mainan anak. Cara ini mampu memicu anak untuk lebih berpikir "mengapa" Anda memindahkan mainannya daripada "dimana" Anda memindahkan mainannya.

2. Rubah Rutinitas
Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan keingintahuan anak adalah dengan merubah rutinitas yang sudah lama dilakukan di rumah. Cara ini akan merangsang keingintahuan anak karena ia akan mulai bertanya mengapa ada yang berbeda di rumah.

3. Biarlah Berimajinasi
Keingintahuan anak dapat Anda rangsang dengan cara menaruh space khusus untuk anak mengekspresikan kemampuan anak dan melatih ia menjadi kreatif. Sebagai contoh, Anda dapat membelikannya whiteboard untuk ia lebih leluasa belajar atau blackboard untuk merangsang bakat menggambarnya.

4. Membaca Dongeng
Apakah Anda sering membacakan dongeng kepada anak? Keingintahuan anak dapat pula dipupuk dengan cara mengganti karakter maupun jalan cerita dongeng yang biasa anda ceritakan. Dengan cara ini anak mampu berpikir kreatif dan ia akan mulai menyadari bahwa anda merubah ceritanya.

5. Uji Kepekaan
Terakhir, parenting.com menyarankan anda untuk mengembangkan keingintahuan anak dengan cara menyuguhkan ia dua cerita dongeng seperti Cinderella dan Snow White kemudian memintanya memaparkan perbedaannya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)