Inilah 5 Cara Mendidik Anak Agar Bisa 2 Bahasa

29 September 2016 Artikel Pendidikan


Setiap orang tua pasti mengharapkan agar anak-anaknya cerdas, sukses dan membanggakan. Namun, untuk meraihnya membutuhkan proses yang sedikit rumit. Mendidik anak memang bukan hal yang mudah, butuh kesabaran dan pengertian untuk melakukannya. Kita harus mendidiknya sejak dari dalam kandung sampai dia tumbuh besar. Apalagi zaman sekarang ini, pergaulan semakin luas dan komunikasi sangat penting. Penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi pun sudah lazim dipakai oleh anak-anak zaman sekarang. Tentu Anda tidak mau kalau anak tidak bisa memahami bahasa Inggris atau bahasa asing.

Jadi, mulai sejak dini upayakan supaya anak Anda mampu menguasai beberapa bahasa untuk masa depannya kelak. Mau tahu apa saja yang harus dilakukan untuk mendidik anak supaya bisa menggunakan 2 bahasa?

1. Jangan biasakan bicara menggunakan bahasa bayi
Walaupun bayi belum bisa mengucapkan sepatah kata pun, setahun pertama merupakan masa terpenting dalam membangun pondasi bahasa. Otak bayi akan memproses struktur arti bahasa sebelum mulai berbicara. Sebaiknya balas celotehan bayi dengan bahasa yang benar, bukan bahasa bayi. Meski dia belum memahaminya, tapi otaknya telah terstimulasi ketika Anda berbicara kepadanya. Ketika dia sudah pandai berbicara tentu sudah mampu memahami perbedaan bahasa yang Anda gunakan bicara padanya. Anak-anak yang sudah biasa dilatih fasih berucap akan lebih mudah menangkap 2 bahasa. Penelitian mengungkapkan seiring pertumbuhan bayi adaptasi terhadap bahasa terus menurun. Anak diatas 6 tahun lebih sulit menciptakan koneksi bahasa baru daripada anak usia preschool.

2. Ajarkan anak sambil bernyanyi, bermain dan membaca
Agar anak tertarik mempelajari sesuatu maka, buat suasana menyenangkan. Jadikan sebuah ruangan penuh dengan nyanyian, obrolan, bacaan yang menyenangkan dan lainnya. Apabila kata-kata dikaitkan dengan melodi dan irama akan membuat anak lebih mudah mengingatnya. Mendidik anak melalui cara seperti ini dapat memperkenal dan menambah kosakata baru tanpa berpikir keras.

3. Biasakan untuk berbicara 2 bahasa
Mendidik anak supaya pandai dalam 2 bahasa adalah membiasakannya berbicara 2 bahasa. Sebagai orang tua, Anda harus bisa memberinya contoh untuk berbicara 2 bahasa. Caranya apabila ayah menggunakan bahasa Indonesia, maka ibu menggunakan bahasa Inggris saat berbicara pada anak. Konsisten lakukan hal tersebut sehingga anak Anda tidak bingung nantinya. Hal itu juga membuatnya muda membedakan mana bahasa Indonesia dan mana bahasa Inggris. Supaya cara ini terwujud dengan baik, ayah dan ibu harus sama-sama meluangkan banyak waktu bersama dengan anak.

4. Pastikan orang tua fasih dan lancar 2 bahasa
Pastikan Anda sebagai orang tua fasih dan lancar memahami 2 bahasa. Kalau Anda tidak fasih, bisa belajar bersama anak. Misalnya dengan menonton video menyanyi, membaca atau menonton film yang menggunakan teks terjemahan. Bisa juga dengan mengambil kursus bahasa.

5. Manfaatkan teknologi
Selain membeli CD, manfaatkan juga video youtube. Perkenalkan dia dengan budaya negara yang berbeda. Dengan begitu, anak akan lebih cepat menangkap tentang kosakata dan arti kata. Carilah video yang menariknya untuk belajar dan mendidik.

Itulah cara mendidik anak agar menguasai 2 bahasa dalam kehidupannya. Cukup mudah melakukannya, asalkan Anda sebagai orang tu selalu sabar dan mengerti dengan keadaan anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)