Inilah 5 Cara Jitu Orangtua Membantu Anak Belajar di Rumah

13 Februari 2017 Artikel Pendidikan


Kesuksesan seorang anak tidak lepas dari bimbingan dan doa dari orangtuanya. Dalam hal belajar anak , peran Anda sebagai orangtua menjadi faktor penting. Karena tanpa adanya pengawasan dan bantuan bimbingan belajar dari orangtua di rumah, seorang anak akan lebih sulit belajar. Peran guru di sekolah juga bisa menjadi kurang maksimal tanpa bantuan dari orangtua di rumah. Hal ini dikarenakan waktu anak di rumah lebih banyak daripada waktu anak di sekolah, sehingga memungkinkan sekali bagi para orangtua untuk memantau perkembangan belajar dan membantu meningkatkan prestasi belajar anaknya.

Berikut 5 cara yang dapat dilakukan para orangtua untuk membantu belajar anak di rumah:
1. Mendampingi anak belajar

Dengan orangtua mendampingi anak belajar, cara belajar anak akan lebih efektif. Berbeda dengan belajar sendiri tanpa di dampingi biasanya anak akan lebih banyak bermain ketika belajar, bahkan banyak yang cuma belajar hanya untuk menggugurkan kewajiban karena takut di marahi jika tidak belajar. Namun dengan didampingi, belajar anak akan lebih terpantau.

2. Menciptakan suasana belajar kondusif
Suasana belajar yang kondusif tentu mempengaruhi kefektifan belajar, ciptakanlah suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi anak. Misalnya ketika anak belajar para orangtua tidak menonton televisi atau hal lain yang dapat membuat suasana belajar menjadi tidak kondusif.

3. Melengkapi fasilitas belajar yang dibutuhkan anak
Sebagai penunjang dan fasilitas fasilitas belajar lainnya juga berperan penting untuk membantu anak belajar. Fasilitas belajar misalnya seperti ruangan belajar di rumah, meja belajar, lampu untuk belajar. Dan buku buku sumber yang dijadikan pegangan di sekolah bisa dilengkapi untuk membantu anak belajar.

4. Gizi seimbang
Agar anak semangat belajar membantu menyeimbangkan gizi juga bisa dilakukan para orangtua di rumah. Dengan gizi seimbang konsentrasi dan semangat belajar anak dapat meningkat.

5. Reward
Sebagai hadiah untuk anak jika mendapatkan hasil optimal para orangtua dapat memotivasi dengan memberikan hadiah kecil untuk anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)