Inilah 4 Cara Pintar dan Sederhana untuk Memulai Menabung

11 Juni 2014 Artikel Pendidikan


Bagi sebagian orang, bahkan bagi yang berpenghasilan tinggi sekalipun, menabung bisa jadi tergolong gampang-gampang susah dilakukan. Ada saja alasan orang untuk tidak menabung. Entah karena uang yang belum cukup, atau karena masih banyak keperluan yang harus dipenuhi. Tetapi, sebenarnya Anda tahu bahwa menyimpan uang sejak awal merupakan investasi untuk masa depan.

Sebuah jajak pendapat terbaru mengungkapkan bahwa satu dari 10 orang tidak bisa mengendalikan kebiasaan belanja mereka, dan kemungkinan besar akan beralih menjadi kebiasaan berutang dengan kartu kredit. Dua dari 10 orang terebut mengatakan bahwa kita tidak bisa menyelamatkan diri jika kita tidak mau berhemat dan mengubah gaya hidup kita

Jika Anda bertekad untuk mulai menabung, inilah yang perlu dilakukan untuk menjadi penabung cerdas:

1. Mulailah dari yang kecil.

Secara teratur menyisihkan uang sekecil apapun, setiap hari atau setiap bulan, dapat menjadi hal paling penting untuk mulai menabung. Hal ini memang seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun Anda harus tahu prioritas kebutuhan kan?

2. Apa tabungan bagi Anda?

Menyimpan uang sebenarnya merupakan sebuah investasi pada diri sendiri dengan membayar diri Anda secara teratur. Memiliki simpanan uang tunai di tangan dapat membantu menggapai impian Anda, dan membuatnya menjadi kenyataan atau setidaknya sesuatu yang akan dicapai. Semakin cepat Anda berinvestasi dalam sesuatu, semakin cepat Anda akan menuai hasilnya.

3. Menyingkirkan utang.

Tidak semua utang buruk. Mendapatkan pinjaman memungkinkan Anda bisa mengakses kebutuhan yang lebih besar, seperti membeli rumah, yang bagi kebanyakan dari kita mungkin tidak akan terbeli secara tunai. Tetapi Anda harus menyisihkan uang ekstra setiap bulan untuk mencicil tagihannya. Pastikan Anda tidak menanggung utang lain yang tidak perlu.

4. Menyisihkan uang sebelum membelanjakan.

Jika Anda pernah bertanya pada diri sendiri, "Ke mana semua uang saya pergi?", tampaknya itu disebabkan oleh gaya hidup Anda. Idealnya jika Anda ingin mengeluarkan uang untuk berbelanja, buat tabungan yang memiliki periode penarikan tunai sesuai kebutuhan. Atau biarkan tabungan Anda tanpa dilengkapi kartu debit. Dengan cara itu, Anda dapat mengatur keluar-masuk keuangan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)