Inilah 4 Cara Mudah Menunjukkan Kasih Sayang pada Anak Anda

30 Maret 2014 Artikel Pendidikan


Secara psikologis anak-anak membutuhkan dalam pergaulan dan persahabatan dengan mereka kasih sayang dan perhatian. Orang tua sebagai pembimbing awal anak-anak harus memperhatikan apakah kasih sayang sudah terpenuhi dengan baik pada mereka, karena kasih sayang merupakan pilar dan pondasi dalam pendidikan. Ketika kasih sayang terpenuhi dengan baik maka akan terwujud ketenangan jiwa, perasaan aman, percaya diri, dan timbulnya kepercayaan kepada orang tua. Bahkan sejatinya kasih sayang yang didapatkan seorang anak secara proporsional akan berpengaruh pada keselamatan jasmani anak tersebut.

Sebagai orangtua sudah tidak ragukan lagi cinta Anda pada anak-anak Anda. Tapi rutinitas atau kesibukan Anda yang padat terkadang membuat Anda kehilangan momen-momen yang berharga bersama si kecil. Rasa sayang dan cinta terkadang juga harus Anda tunjukkan pada mereka. Berikanlah hal-hal yang membuatnya bahagia, hal itu akan membuat anak Anda mengerti bahwa Anda adalah orangtua yang sangat peduli.

Seperti yang dilansir oleh allwomanstalk.com inilah beberapa tipsnya

1. Berbaring Disampingnya

Bedtime adalah waktu yang tepat untuk Anda berbagi perasaan dengan si kecil. Berbaring di sampingnya sebentar dan berbagi cerita adalah hal yang tepat Anda lakukan. Anda bisa mendengar keinginannya, kesedihannya bahkan hal-hal yang membuatnya bahagia. Tentunya menyenangkan, bukan?

2. Membacakan Dongeng

Anak kecil selalu suka jika diberikan cerita dongeng. Luangkanlah waktu Anda untuk membacakannya sebuah cerita. Biarkan dia yang memilih cerita favoritnya. Bahkan meskipun anak Anda meminta seratus kali dengan cerita yang sama jangan membuat Anda kesal. Tunjukkan kesabaran Anda, hal ini dapat membuat anak-anak Anda bahagia.

3. Berikan Kejutan

Mungkin Anda sudah terlalu sering memberikannya beberapa hadiah. Tapi tidak salahnya Anda membuat beberapa kejutan yang tidak pernah anak Anda duga sebelumnya. Jika dia selama ini terlalu banyak makan ice cream dan Anda melarangnya sesekali berikan dia ice cream. Jika ada barang yang anak Anda suka Anda juga bisa membelikannya. Anda tidak perlu terlalu memanjakan anak Anda tapi sesekali menunjukkan rasa cinta tidak apa-apa dong ladies?

4. Refreshing

Meluangkan waktu untuk refreshing dengan anak Anda adalah hal yang paling asyik. Anda dapat membuat perjalanan di tempat-tempat menarik yang pastinya anak Anda suka. Bukan hanya Anda yang penat oleh rutinitas Anda tapi anak-anak juga.

Tidak sulit menunjukkan sayang Anda pada mereka. Semoga membantu!

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)