Inilah 4 Cara Mudah Menemukan Inspirasi di Tempat Kerja

8 April 2014 Artikel Pendidikan


Setiap individu pasti pernah mengalami kebosanan. Kebosanan bisa terjadi di dalam berbagai aspek kehidupan individu seperti pekerjaan, sekolah, bahkan perkawinan. Biasanya rasa bosan ditandai dengan kelelahan, miskin kreativitas, hilangnya minat atau ketertarikan pada sesuatu yang dahulu disukai, malas, lesu, dan berbagai perasaan tidak enak yang jika tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan individu tersebut mengalami stress bahkan depresi.

Jika Anda bekerja di lingkungan atau kantor yang selalu menuntut kreativitas, stok ide dan inspirasi Anda harus selalu penuh. Inspirasi dan ide itu sebenarnya tidak sulit untuk dicari, bahkan bisa kita ciptakan sendiri. Inspirasi dan ide itu sebenarnya ada di mana-mana. Kita hanya perlu merangsang otak untuk memunculkan ide atau inspirasi baru. Mari simak beberapa caranya berikut ini:

1. Meditasi

Meditasi memiliki banyak sekali manfaat, seperti meningkatkan kemampuan daya ingat, mengurangi rasa cemas atau khawatir, dan meningkatkan kreativitas. Mungkin Anda pun sudah menyadari bahwa inspirasi itu biasanya langsung muncul saat pikiran Anda tenang dan tidak disesaki dengan banyak hal tak penting.

2. Berolahraga

Beberapa temuan menunjukkan bahwa olahraga bisa meningkatkan neuroplasticity di sejumlah struktur otak. Selain membuat badan Anda lebih bugar, olahraga juga bisa membuat pikiran Anda lebih jernih dan mudah untuk mendapatkan ide-ide baru.

3. Membaca

Orang yang membaca tak akan pernah kehabisan ide atau inspirasi. Membaca di sini bukan hanya duduk manis membaca buku tebal. Saat sedang dalam perjalanan ke kantor dan ada baliho atau poster, Anda bisa membaca tulisannya dan ya siapa tahu Anda bisa mendapat ide atau inspirasi baru. Membaca bisa menciptakan sambungan-sambungan syaraf baru di otak kita, lho.

4. Bermain Video Game

Main video game asalkan tidak sampai berlebihan akan merangsang otak untuk berimajinasi, dan inspirasi pun akan langsung berdatangan tanpa diduga. Seperti otot bagian tubuh yang lain, otak pun bisa lelah. Beruntunglah jika di dalam kantor Anda, ada tempat khusus untuk bermain game.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)