Inilah 3 Kebutuhan Utama Anak Wajib yang Orangtua Penuhi

30 April 2014 Artikel Pendidikan


Setiap orangtua tentunya peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Bagi Anda yang memiliki anak balita, pasti sangat memperhatikan segala tingkah laku si kecil yang sangat menggemaskan dan terkadang mengejutkan. Namun bila anak Anda tidak tumbuh sesuai dengan anak seusianya, tentunya Anda akan merasa khawatir.

Anak tumbuh dan berkembang adanya perubahan secara fisik dan mental. Agar masa tumbuh kembang ini optimal, orangtua perlu memastikan terpenuhinya kebutuhan utama anak.

Ada tiga kebutuhan utama anak pada masa tumbuh kembang, antara lain:

1. Kasih Sayang

Berupa kasih sayang, rasa aman dan nyaman, dihargai, diperhatikan, serta didengar keinginan dan pendapatnya. Hal inilah yang diharapkan akan diperoleh anak ketika orangtua merayakan momen tumbuh kembang. Kebutuhan ini memiliki peran yang sangat besar pada kemandirian dan kecerdasan emosi anak.

2. Fisik-biologis

Berupa kebutuhan akan nutrisi (ASI, Makanan Pengganti ASI/MP-ASI), imunisasi, serta kebersihan fisik dan lingkungan. Ketiga kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan pokok yang saling terkait.

"Asupan gizi terutama dalam lima tahun pertama dalam kehidupannya balita adalah periode pertumbuhan yang penting yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Kunci asupan zat gizi yang baik adalah makanan yang sehat dan bervariasi," paparnya.

3. Stimulasi

Stimulasi mencakup aktivitas bermain untuk merangsang semua indera, mengasah motorik halus dan kasar, melatih ketrampilan berkomunikasi, kemandirian, berpikir dan berkreasi. Stimulasi ini harus diberikan sejak dini karena memiliki pengaruh yang besar pada ragam kecerdasan atau multiple intelligences.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)