Inilah 10 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Anak-Anak

22 April 2014 Artikel Pendidikan


Anak pada umumnya belum paham apa yang dilakukannya baik atau buruk. Rasa ingin tahunya yang besar juga membuat mereka senang bereksplorasi terhadap benda di sekitarnya atau bahkan tubuhnya sendiri, seperti menghisap jempolnya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut memang harus dihentikan. Sebagai orangtua Anda bisa memberi tahu tindakan apa saja yang boleh dan tidak boleh namun tanpa bernada menghukum atau membuatnya malu.

Berikut kiat-kiat untuk menyiasati kebiasaan yang harus dihindari pada anak.

1. Membaca sambil Tiduran

Aktivitas membaca sangat disukai anak-anak, walaupun mungkin mereka hanya melihat gambar-gambarnya saja. Namun bila aktivitas ini dilakukan dengan posisi yang tidak baik, seperti dengan posisi tidur, sangat tidak baik buat kesehatan mata buah hati kita. Agar membaca tidak merusak mata, maka jarak antara buku dan mata adalah 30 cm. Coba kita perhatikan bila buah hati kita membaca buku sambil tidur. Secara sadar atau tidak, maka posisi buku akan semakin dekat dengan mata karena tangan menjadi kelelahan dalam menopang atau memegang buku. Padahal membaca buku dengan jarak buku dan mata kurang dari 30 cm bisa menyebabkan kerusakan mata.

2. Minum air dingin

Air dingin ternyata juga tidak baik untuk anak-anak. Air dingin bisa menyebabkan kegemukan yang tidak sehat pada anak-anak. Mengapa? Karena air dingin mencegah proses pelarutan lemak dalam tubuh, sehigga menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh secara berlebihan. Jadi bila buah hati kita gemuk, jangan senang dulu. Karena gemuk tidak selamanya sehat. Selain itu air dingin juga bisa menyebakan penyakit flu dan batuk. Air dingin juga bisa menyebabkan rangsangan yang sangat kuat pada saluran pencernaan. Hal ini bisa menyebakan penyakit diare dan sakit perut. Maka minuman yang hangat atau yang bersuhu biasa sangat dianjurkan bagi anak-anak.

3. Makan permen

Gigi anak-anak masih sangat rentan. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis seperti permen sangat berbahaya bagi kesehatan gigi anak. Untuk mengatasi hal ini, bila buah hati kita memang "kebelet" ingin makan permen, mintalah buah hati kita untuk makan permen di rumah, supaya kita pun bisa memintanya untuk cepat-cepat menyikat gigi mereka. Supaya buah hati kita selalu ingat kapan mereka harus menyikat gigi, maka ajarkanlah buah hati kita lagu GIGI SEHAT (klik judul lagunya buat dengerin lagunya.... Sangat sederhana, Lucu dan menarik).

4.Nonton Televisi Terlalu Dekat

Kebiasaan anak menonton TV terlalu dekat juga bisa memberikan efek negatif pada anak, terutama pada bagian mata. Anak bisa mengalami kelainan mata yang bernama rabun jauh.

5. Membaca Terlalu Lama

Membaca itu baik, namun tidak akan menjadi baik bila membaca terlalu lama. Usahakan untuk meminta buah hati anda mengistirahatkanmatanya setiap 30 menit sekali. Supaya mata tidak cepat lelah. Dan usahakan untuk menyegarkan mata dengan memandang tumbuhan hijau setelah membaca terlalu lama.

6. Terlalu membiarkan anak yang aktif

Kita tentu akan merasa sangat senang melihat buah hati kita aktif bergerak. Namun sebaiknya jangan terlalu membiarkan kebiasaan ini, karena tidak selamanya yang dilakukan buah hatii kita ini adalah hal yang baik. Agar buah hati kita tidak bergerak secara "liar" dan tidak tahu aturan, sebaiknya kita menyediakan mainan yang mendidik. Supaya keaktifan buah hati kita bisa terarah dengan baik, dan tidak membahayakan keselamatan sang anak.

7. Memainkan mainan yang terlalu kecil

Mainan yang terlalu kecil harus dihindari oleh anak-anak untuk mencegah tertelannya mainan.

8. Kebiasaan Memasukkan tangan ke mulut

Kebiasaan ini tidak baik, karena tangan si kecil tidak selalu bersih. Bila tangan si kecil kotor maka bisa menyebabkan masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh si kecil.

9. Menyanyikan Lagu Dewasa

Bila kita tidak ingin buah hati kita menjadi "dewasa" lebih cepat, jangan biarkan buah hati kita menyanyikan lagu dewasa. Sedini mungkin, kenalkan lagu-lagu anak bagi buah hati kita. Agar buah hati kita lebih berselera pada lagu-lagu anak. Anda bisa menemukan banyak lagu-lagu anak yang mendidik dan inspiratif di lagu2anak.blogspot.com.

10. Minum minuman bersoda

Minuman bersoda memang sangat nikmat dan menyegarkan. Anak-anak tentu akan menyukai minuman jenis ini. Namun ternyata minuman jenis ini sangat berbahaya bagi anak-anak. Mungkin beberapa dari kita sudah tahu bila minuman berkafein sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh anak-anak. Nah... Minuman bersoda ini biasanya mengandung kafein. Dan bila anak-anak mengonsumsi dalam jumlah yang tinggi maka akan menyebabkan gangguan pada tidur, anak menjadi cenderung hiper aktif, dan tentu saja sangat mengganggu kegiatan belajar anak. Dan efek selanjutnya adalah penurunan prestasi belajar anak.

Zat lain yang ada di dalam minuman bersoda adalah Natrium. Natrium dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah. Mungkin pada masa kecil, seorang anak yang banyak mengonsumsi Natrium tidak tampak efek sampingnya. Efek samping dari minuman ber-Natrium akan tampak setelah anak menginjak dewasa. Biasanya mereka akan mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Tidak heran bila pada zaman sekarang banyak orang-orang muda yang sudah terserang "stroke". Maka hindarkan anak-anak dari minuman yang mengandung kafein dan Natrium, kita bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi anak dalam hal ini.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)