Inilah 10 Jawaban Cerdas dan Menginspirasi dari Guru untuk Para Muridnya

14 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Masih ingat kan bagaimana rasa jengkelnya seorang murid yang mendapat banyak PR atau soal ujian yang susah. Rasanya ingin sekali berteriak dan marah pada guru tersebut. Kok tega sih memberikan pertanyaan yang sulit atau tugas yang sangat banyak?

Well, semua murid pasti pernah merasakan hal-hal semacam ini. Tetapi, yang perlu diingat adalah, di balik semua pertanyaan ujian yang sulit serta tugas dan pekerjaan rumah yang banyak, ada pelajaran yang bisa membuat Anda mendapatkan nilai bagus untuk melamar pekerjaan nantinya. Akhir-akhir ini, tak jarang diberitakan kasus kekerasan guru terhadap muridnya yang bandel. Tentu saja, semua orang pasti pernah melewati masa-masa bandel di sekolah. Tetapi, haruskah seorang guru mengatasinya dengan cara yang bikin murid jadi trauma?

Hal-hal ini akan menjadi inspirasi yang cerdas bagi para guru di Indonesia, seperti dikutip dari Oddee.com.

1. Semua jawaban si anak ini salah karena ia ketahuan salah mencontek jawaban temannya. Si guru tidak menegur dan marah-marah di depan semua temannya, ia mencoret semua jawaban dan menambahkan catatan, "lain kali kalau mau mencontek teman sebangkumu, tulislah jawabannya di nomor yang benar ya..."

2. Karena kesal tak dapat menjawab soal pertanyaan dengan baik, si anak ini kemudian menggambar seekor panda, lengkap dengan note kecil di bawahnya. Ia bilang panda ini akan menangis kalau ia mendapat nilai jelek.

3. Tebak apa tanggapan gurunya. Si guru malah membalas note tersebut dengan mengatakan agar si muridlah yang harus menghiburnya...

4. Seorang anak menggambar jerapah untuk menghibur gurunya, berjaga-jaga apabila jawabannya salah. Apakah kemudian si guru marah? Tidak. Ia menambahkan 1 poin untuk muridnya tersebut karena telah menggambar jerapah ini untuknya.

5. Kesal dengan pertanyaan yang sulit, si murid menggambar wajah kesal dan marah. Ingat kan gambar ini sering muncul di mana? Yap. Tepat! Situs 9gag.com kerap kali menampilkan meme dengan tokoh ini. Akhirnya si guru menambahkan pesan di sana untuk muridnya yang membuat gambar tersebut jadi lebih lengkap. "Kenapa kamu tidak suka pelajaran Fisika?"

6. Gemas dengan gambar yang dibuat muridnya, si guru iseng meninggalkan pesan. Ia tak mau bernegosiasi dengan teroris, sehingga ia tetap memberikan nilai jelek karena si murid banyak mengisi jawaban salah.

7. Tak menemukan jawaban yang tepat atas pertanyaannya, si anak kemudian menggambar seekor gajah dan berkata pada gurunya, bahwa ia tak bisa menjawabnya karena ada seekor gajah menghalanginya. Si guru kemudian malah mengurangi 3 poin nilainya, karena gajah yang digambar tidak memiliki ekor.

8. Entah mengapa menggambar dapat membantu anak seolah menyalurkan emosi dan mengusir kebosanannya. Dan di bawah jawaban testnya, anak ini menggambar seekor singa. Gurunya menambahkan sebuah gambar singa lainnya untuk melengkapinya.

9. Si murid usil ini memberi jawaban sebuah soal dengan menggambar kura-kura ninja. Si guru kemudian tetap menyalahkan jawabannya, namun menambahkan sebuah pesan, bahwa sebenarnya ia menyukai gambar tersebut, sayangnya ia tak bisa memberinya tambahan nilai.

10. Anak-anak bisa sangat berimajinasi dengan semua jawaban yang diberikan gurunya. Dan pertanyaan ini dijawab dengan sangat cerdas serta romantis. Untungnya, gurunya mengimbangi jawaban tersebut.

Ada yang mendapat hukuman dari sekolahnya, ada pula yang kemudian dikeluarkan dari sekolah karena curhat soal gurunya di akun Facebook. Tetapi yang dilakukan guru ini berbeda, ia memberikan jawaban kepada muridnya dengan cara cerdas dan bijaksana sebagai seorang guru.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)