Ini Tipe Dasar Kepribadian, Anda Termasuk yang Mana?

21 Juli 2015 Artikel Pendidikan


Dalam kehidupan sehari-hari tentunya Anda sering bertemu dengan berbagai jenis kepribadian teman Anda, ada yang pemarah alias tempramen, lucu, pendiem, dll. Tipe-tipe tersebut memang pasti ada dalam setiap manusia, termasuk Anda. Setiap manusia memiliki karakter yang mereka bawa sejak lahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara garis besar ada 4 tipe kepribadian manusia yang ada di dunia. Menurut buku psikologi populer karya Florence Litauer yang berjudul "Personality Plus", kepribadian manusia terbagi atas 4 kelompok besar: koleris, sanguin, melankolis dan plegmatis. Apa saja ciri dari tiap tipe kepribadian ini?

Kepribadian Koleris (Koleris Kuat)
Tipe ini memiliki ciri positif berupa jiwa kepemimpinan yang kuat, senang mengambil keputusan, aktif, dinamis, memiliki ambisi yang tinggi, bebas, mandiri, menyukai tantangan dan berkemauan keras. Tipe koleris ini memiliki ciri negatif: tidak sabar, selalu terburu-buru, mudah marah, suka menyuruh dan tidak mau mengalah.

Cara menghadapi orang koleris adalah dengan tidak mengajaknya berdebat, menghadapinya dengan kepala dingin dan tidak usah berusaha mematahkan argumennya karena itu akan sia-sia tetapi berusahalah mengutarakan argumen Anda sendiri. Jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe koleris adalah direktur, manajer dan dokter.

Kepribadian Sanguis (Sanguis yang Populer)
Manusia tipe sanguin adalah mereka yang suka dikenal, suka berbicara, membuat suasana ramai, emosional, kekanak-kanakan, berhati tulus, senang berteman dan senang menjadi pusat perhatian. Sanguin memiliki beberapa kelemahan antara lain pendiriannya suka berubah-ubah, suka melebih-lebihkan sesuatu, sulit untuk diam dan sulit melakukan segalanya dengan teratur.

Cara menghadapi orang sanguin adalah dengan menjadi pendengar yang baik, memuji dan memberinya penghargaan karena orang dengan tipe kepribadian sanguin sangat suka dipuji dan senang diperhatikan. Bidang pekerjaan yang cocok bagi sanguin adalah penyiar, presenter, sales dan pengacara.

Kepribadian Melankolis (Melankolis yang Sempurna)
Orang-orang dengan tipe melankolis memiliki kepribadian yang analitis, mereka suka segalanya teratur, penuh pertimbangan dan perincian, mereka senang merencanakan sesuatu, sensitif, artistik dan serius dalam segala hal. Sifat negatif dari orang dengan tipe melankolis adalah sulit bersosialisasi, mudah tertekan dan murung, mudah curiga dan senang menyimpan dendam.

Cara menghadapi orang dengan tipe melankolis adalah dengan mendukung mereka melakukan rencana-rencana mereka karena pada umumnya orang dengan tipe kepribadian ini memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah sehingga butuh dukungan semangat. Jenis pekerjaan yang cocok bagi melankolis adalah akuntan, ahli IT, keuangan dan notaris.

Kepribadian Plegmatis (Plegmatis yang Damai)
Tipe plegmatis memiliki ciri sabar, tenang, menghindari konflik, tidak banyak bicara, simpatik dan seimbang. Namun tipe manusia jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu terlalu pemalu, terlalu pendiam, kurang inisiatif dan suka menunda melakukan sesuatu.

Cara menghadapi orang dengan tipe plegmatis adalah dengan menjadikan mereka tempat curhat Anda. Orang dengan tipe kepribadian plegmatis senang memberikan nasehat. Pekerjaan yang cocok bagi orang dengan tipe plegmatis adalah staf administrasi dan customer service.

Itulah 4 tipe kepribadian manusia, Anda termasuk yang mana?.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)