Ini Pentingnya Membaca Buku

17 Mei 2017 Artikel Pendidikan


Membaca merupakan jendela dunia. Mengapa demikian? Membaca merupakan salah satu upaya kita untuk mengetahui berbagai macam informasi dan pengetahuan yang ada di dunia ini. Buku merupakan salah satu sumber informasi yang harus sering kita baca, tetapi pada era modern ini justru kegiatan membaca buku semakin menurun. Adanya perkembangan iptek di dunia memang sangat membanggakan, tetapi salah satu sisi negatifnya adalah orang-orang pada zaman sekarang ini lebih tertarik untuk menggali informasi dari televisi, radio, maupun internet. Padahal jika diteliti lebih lanjut, membaca buku memberikan banyak manfaat bagi diri kita selain memberikan informasi dan pengetahuan, ini dia manfaat dari membaca buku:

Meningkatkan kemampuan otak
Dengan membaca, otak kita akan menerima berbagai informasi dan pengetahuan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering membaca buku akan memperpanjang umur mereka (Rush University Medical Center). Membaca buku dapat juga membuat orang lebih lambat mengalami pikun di masa tua. Selain itu, membaca buku dapat memberikan jenis latihan otak yang berbeda dibandingkan dengan mencari tahu informasi dari televisi, radio ataupun internet. Jadi, sering-seinglah membaca buku!

Dapat menstimulasi mental
Kegiatan membaca akan membuat otak kita menjadi aktif, sehingga jika kita sering meluangkan waktu kita untuk membaca buku, maka kita dapat merangsang mental kita akan menjadi lebih kuat. Kemudian ada penelitian yang menyebutkan bahwa membaca buku dapat mencegah penyakit demensia dan Alzheimer.

Melatih untuk dapat menulis dengan baik
Membaca mampu menambah kosa kata pada memori otak kita, maka dari itu jika kita sering meluangkan sedikit waktu kita untuk membaca, maka kita juga sekaligus melatih kemampuan menulis dengan baik. Seperti pepatah mengatakan, sekali menyelam dua pulau terlampaui. Itulah manfaat dari membaca buku.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi
Sudah tentu membaca buku dapat meningkatkan kefokusan dan konsentrasi kita. Terkadang seseorang yang sedang membaca, apalagi buku yang ia baca sangat ia sukai, ia tidak akan mudah tergoda hal-hal yang ada disekelilingnya. Ia bisa hanya terfokus pada buku yang sedang ia baca. Tidak hanya itu, dengan membaca bisa juga melatih kefokusan kita dalam melakukan kegiatan lain.

Meningkatkan hubungan sosial
Dengan membaca buku, kita bisa mengenal berbagai macam budaya, ras dan juga kehidupan sosial pada setiap masayarakat di daerah lain. Sehingga jika suatu saat kita mengunjungi tempat tertentu yang budayanya berbeda dengan kita, kita telah mengetahui dan mampu menghargai kebudayaan orang lain.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)