Ini Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

11 Agustus 2017 Artikel Pendidikan


Membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak-anak mungkin tampak menjadi tindakan yang sangat sederhana yang dilakukan setiap malam. Ini mungkin tampak membosankan untuk beberapa orang tua. 10 menit mungkin tampak seperti waktu yang lama terutama setelah hari yang panjang di tempat kerja, tapi ingat meskipun hanya 10 menit, membacakan dongeng kepada anak akan melatih perkembangan mental serta emosional anak Anda.

Berikut manfaat membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur:
1. Merangsang imajinasi dan kreativitas
Sebelum tidur, biasanya anak berada dalam kondisi yang sangat rileks dan suasana yang santai. Hal tersebut sangat mendukung anak dalam membayangkan alur cerita pada dongeng yang dibacakan kepada mereka. Anak kemudian membebaskan imajinasinya seluas mungkin sehingga kemampuannya dalam membayangkan sesuatu semakin baik. Sejalan dengan itu, kreativitas anak pun akan berkembang.

2. Mengembangkan emosi
Alur cerita pada dongeng biasanya turun-naik. Kadang sang tokoh utama mendapat kemalangan, kadang juga begitu beruntung sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan cemerlang. Alur seperti ini dapat mengembangkan emosi anak secara alamiah, seperti empati, rasa prihatin, sedih, bahagia, ceria, peduli, dan lain sebagainya.

3. Menumbuhkan minat membaca
Membiasakan diri untuk meluangkan waktu mendongengkan anak sebelum tidur, maka secara tidak langsung Anda telah membangun rasa cinta akan membaca bagi putra-putri anda sejak dini. Anak-anak yang memiliki rasa suka membaca ternyata terbangun sejak awal karena kebiasaan mereka didongengkan sebelum tidur. Cobalah menginspirasi anak anda dengan sesuatu yang positif demi kesukusesan hidup mereka di masa depan.

4. Mengembangkan kecerdasan berbahasa anak
Anak yang sedang menyimak dongeng secara otomatis juga akan memperhatikan kosa kata dan unsur-unsur bahasa lainnya yang terkandung dalam dongeng tersebut. Dengan demikian, kemampuan berbahasa mereka akan semakin meningkat. Dampak positif itu akan sangat terasa ketika anak-anak sudah dewasa. Tutur kata mereka akan sangat rapi, logis, dan memikat. Tidak hanya itu, mereka juga akan mampu menuliskan pendapat atau isi pikiran ke dalam tulisan yang teratur dan mudah dipahami

5. Mempererat ikatan emosional dengan orangtua
Ketika mendongengi anaknya yang hendak tidur, maka orangtua sedang berada dalam suasana yang sangat akrab dengan anaknya tercinta. Secara fisik dan emosi, mereka begitu dekat. Apalagi ditambah dengan suasana malam yang hening dan tenang, maka aktivitas itu semakin meninggalkan kesan yang mendalam di antara keduanya. Akhirnya, ikatan emosional anak dan orangtua pun semakin kuat.

Jadi, mari biasakan membacakan cerita pada anak-anak sejak dini dan jangan ragu untuk meneruskannya setiap hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)