Ini Manfaat Belajar Tambahan bagi Siswa

2 Februari 2017 Artikel Pendidikan


Apa itu belajar tambahan? Apakah belum cukup waktu belajar yang tersedia di sekolah? Belajar tambahan adalah program belajar yang dilaksanakan di luar program intrakurikuler sekolah. Artinya, dilaksanakan setelah program belajar reguler di sekolah telah berakhir. Belajar tambahan dapat dilakukan siswa di sekolah dan pembimbingnya berasal dari guru mata pelajaran di sekolah. Dan kegiatan ini lazim diadakan sebelum siswa menghadapi ujian nasional. Pesertanya terdiri dari siswa tingkat terakhir di suatu sekolah.

Selain itu, program belajar tambahan ini dapat juga dilakukan oleh siswa di tingkat kelas sebelumnya, yaitu saat siswa akan menghadapi ujian semester di sekolah.Belajar tambahan juga dapat dijalani oleh siswa di luar sekolah seperti di lembaga bimbingan belajar maupun les private. Namun belajar tambahan juga dapat ditempuh siswa secara pribadi melalui lest private.

Namun tujuan belajar tambahan tidak semata karena menghadapi ujian. Tetapi ini dapat juga dilakukan karena ingin lebih menguasai materi suatu mata pelajaran. Sebaliknya, siswa dapat mengikuti belajaran tambahan dengan tujuan mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran tertentu di sekolah.

Dan berikut ini manfaat belajar tambahan bagi siswa:
1. Siswa lebih memahami materi pelajaran.
2. Siswa menjadi terampil dalam mengerjakan soal-soal ujian.
3. Siswa mampu beradaptasi dengan berbagai bentuk dan corak soal yang akan diuji dalam ujian.
4. Siswa berpeluang besar untuk memperoleh nilai bagus pada berbagai bentuk ujian sekolah.
5. Siswa berpeluang besar untuk berhasil lulus pada ujian nasional.

Siswa yang mengikuti program belajar tambahan lebih berpeluang untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu program belajar tambahan perlu diikuti dengan baik oleh siswa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)