Ini Kegiatan yang Baik Dilakukan Siswa Sepulang Sekolah

11 Agustus 2016 Artikel Pendidikan


Belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Belajar sepulang sekolah sudah merupakan kewajiban yang dilakukan oleh siswa. Jam belajar di sekolah hanya beberapa jam saja. Dengan durasi waktu demikian pastilah siswa tidak seluruhnya mampu memahami sekaligus meyerap semua isi materi pelajaran di sekolah. Sepulang sekolah para siswa seharusnya melakukan beberapa kegiatan yang wajib untuk dilakukan serta dibiasakan.

Berikut ini beberapa kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh siswa sepulang sekolah:
1. Makan siang

Tentu belajar sejak pagi hingga siang hari sangat menguras tenaga. Mengisi kembali energi dengan makan siang wajib dilakukan sepulang sekolah. Siswa bisa menerapkan menu makanan sehat yang sudah diperoleh di sekolah. Kalau belum bisa memasak, maka sebaiknya ajurkan kepada orang tua tentang jenis makanan sehat dan bergizi seimbang.

2. Tidur siang
Mungkin beberapa siswa tidak terbiasa dengan tidur siang sepulang sekolah. Beberapa anak lebih memilih untuk bermain dengan teman daripada beristirahat sejenak. Tidur siang tidak harus lama, disarankan cukup 15 menit saja. Dengan tubuh dapat tidur siang sejenak, maka tubuh akan kembali segar dan siap untuk melakukan aktivitas hingga sore nanti.

3. Mengulang pelajaran
Penting sekali untuk mengulang kembali pelajaran yang diperoleh di sekolah. Dengan kegiatan ini maka siswa tidak akan ada alasan lupa mengerjakan PR. Bila sudah mengulang kembali pelajaran, maka siswa akan mengetahui kemampun diri sendiri. Mana yang belum dipahami dan mana yang sudah bisa dikuasai.

4. Menyusun kembali jadwal pelajaran
Membuat jadwal pelajaran di sekolah mungkin merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan. Ketika siswa belajar di rumah, maka siswa pun wajib menyusun jadwal pelajaran mandiri. Jadwal pelajaran di rumah dimaksudkan disini adalah jadwal kegiatan belajar yang dilakukan siswa sepulang sekolah. Dalam jadwal tersebut tersusun waktu, kapan siswa mengulang kembali pelajaran, jam berapa mengerjakan PR. Nah, semua itu mungkin perlu bimbingan dan bantuan dari guru atau orang tua.

5. Perbanyak membaca buku
Membaca merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh siapa saja. Terlebih lagi bagi seorang siswa. Dengan membaca maka kita bisa menambah pengetahuan. Cobalah Anda bisakan diri untuk selalu membaca. Jadikan membaca sebagai kebutuhan dan tidak hanya sebuah kegiatan untuk mengisi waktu luang semata.

6. Bermain
Nah, kegiatan yang satu ini jangan lupa untuk dilakukan. Belajar memang wajib tapi jangan terlalu memporsir diri untuk belajar dari pagi hingga malam hari. Penting sekali untuk menyelingi dengan kegiatan bermain. Tetapi jangan sampai keasikan bermain dan melupakan belajar. Semua harus dilakukan secara seimbang, yang terpenting utamakan adalah belajar.

Penting bagi semua orang tua untuk bisa menjadi guru bagi anak-anaknya ketika berada di lingkungan keluarga. Meskipun tidak bisa mengajari anak, paling tidak Anda bisa mendampingi anak dan tidak menggganggu situasi belajarnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)