Ini Kebiasaan yang Harus Diajarkan pada Anak Sejak Dini

25 Februari 2016 Artikel Pendidikan


Mengajarkan anak kebiasaan baik harus dilakukan sejak usia dini. Hal ini karena kebiasaan baik akan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Semua kebiasaan yang diajarkan pada anak akan terbawa sampai dewasa dan akan membentuk karakter serta kepribadian anak. Kebiasaan anak merupakan cerminan dari teknik pengasuhan orangtua. Orangtua harus mengajarkan kebiasaan baik pada anak dan memberikan contoh yang bisa menjadi panutan bagi anak-anak. Perlu diketahui kalau anak-anak mempunyai kemampuan dalam mempelajari setiap hal yang mereka lihat. Oleh karena itu Anda sebagai orangtua harus menjaga sikap dan kebiasaan di depan anak-anak supaya tidak menimbulkan contoh yang buruk bagi mereka. Jadi apa saja kebiasaan baik yang harus diajarkan pada anak?

Mengajarkan hidup bersih
Salah satu kebiasaan baik yang perlu diajarkan pada anak yaitu kebiasaan hidup bersih. Tanamkan dalam diri anak untuk senantiasa membiasakan pola hidup sehat dan teratur. Mengajarkan kebiasaan hidup bersih bisa dimulai dari hal yang kecil seperti rajin menggosok gigi, rajin mandi dan menjaga kebersihan pakaian. Dalam mengajarkan kebiasaan hidup bersih pada anak, Anda di tuntut untuk lebih bersabar karena anak-anak tidak akan langsung bisa menerapkan kebiasaan tersebut. Selain itu, Anda juga harus memberikan pemahaman pada anak mengenai pentingnya hidup bersih.

Mengajari anak untuk berbuat kebaikan
Semua orangtua tentunya mengharapkan seorang anak yang memiliki akhlak yang baik. Anak yang berprilaku baik menjadi salah satu indikator keberhasilan orangtua dalam memberikan pendidikan. Ajarkan pada anak untuk berbuat baik dan peduli terhadap sesama. Selain itu, berikan pemahaman pada anak supaya mereka bisa memahami kondisi orang lain. Dengan memberikan pemahan seperti itu, maka anak akan tumbuh dengan kepribadian yang baik dan suka menolong orang lain.

Mengajarkan tanggung jawab
Mengajarkan dan menanamkan rasa tanggung jawab pada anak merupakan salah satu hal yang penting. Anda bisa memulainya dari hal yang kecil secara bertahap. Salah satu contohnya Anda bisa menyuruh anak membereskan buku atau mainan yang berceceran dimana-mana setelah dipakai. Berikan pemahaman pada anak untuk bertanggung jawab dalam membereskan semua barang yang telah di pakai. Cara ini mungkin terlihat sepele, akan tetapi ini merupakan salah satu langkah awal dalam menanamkan rasa tanggung jawab pada anak.

Mengajarkan sopan santun
Kebiasaan baik selanjutnya yang penting untuk diajarkan kepada anak yaitu sopan santun dan menghormati orang lain. Ajarkan pada anak untuk senantiasa bersikap sopan terhadap orang lain. Ajarkan pula pada anak supaya menghormati orang lain seperti teman sebaya, orang yang umurnya lebih tua dari mereka seperti guru ataupun orangtua (ibu dan bapak). Berikan contoh yang baik pada anak supaya mereka akan terbiasa dalam melakukan semua hal yang baik.

Membiasakan perilaku baik pada anak memang tidak mudah dan banyak tantangannya. Namun kita sebagai orang tua akan dapat memetik buah dari membiasakan perilaku baik pada anak saat mereka sudah dewasa. Dimana mereka tumbuh menjadi pribadi yang bukan hanya dambaan orang tua, namun juga dambaan orang-orang disekitar mereka.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)