Ini Kebiasaan dan Perilaku yang Harus Diajarkan pada Anak

14 September 2017 Artikel Pendidikan


Memiliki anak yang baik, mengerti akan sopan santun dan peduli akan kesehatan tentunya menjadi kebanggaan dan dambaan bagi setiap orang tua. Hanya saja kebiasaan baik seperti ini bukanlah perkara yang mudah dan terkadang para orangtua tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mendidik anak-anak mereka agar dapat melakukan kebiasaan baik tersebut. Salah satu cara yang tepat untuk mengajarkan anak agar dapat berperilaku dan berkebiasaan baik maka orangtua perlu menjadi panutan atau contoh untuk anak-anaknya. Anak dapat belajar hampir dari keseluruhan apa yang mereka lihat, oleh karena itu penting sekali untuk menunjukkan kepada mereka pola yang baik untuk diikuti. Untuk itu, jagalah sikap dan perilaku kita sebab apa yang kita lakukan akan pula memainkan peran pada kebiasaan dan perilaku anak.

Berikut kebiasaan dan perilaku baik yang harus diajarkan pada anak:
1. Ajarkan sopan santun

Ajarkan pada anak untuk senantiasa bersikap sopan terhadap orang lain. Ajarkan pula pada anak supaya menghormati orang lain seperti teman sebaya, orang yang umurnya lebih tua dari mereka seperti guru ataupun orangtua (ibu dan bapak). Berikan contoh yang baik pada anak supaya mereka akan terbiasa dalam melakukan semua hal yang baik.

2. Ajari anak untuk berbuat kebaikan terhadap orang lain
Semua orangtua tentunya mengharapkan seorang anak yang memiliki akhlak yang baik. Anak yang berprilaku baik menjadi salah satu indikator keberhasilan orangtua dalam memberikan pendidikan. Ajarkan pada anak untuk berbuat baik dan peduli terhadap sesama. Selain itu, berikan pemahaman pada anak supaya mereka bisa memahami kondisi orang lain. Dengan memberikan pemahan seperti itu, maka anak akan tumbuh dengan kepribadian yang baik dan suka menolong orang lain. Pelajaran hidup seperti itu akan membuat anak lebih peduli terhadap sesama dan menghargai keadaan orang lain.

3. Ajarkan tanggung jawab
Mengajarkan dan menanamkan rasa tanggung jawab pada anak merupakan salah satu hal yang penting. Anda bisa memulainya dari hal yang kecil secara bertahap. Salah satu contohnya Anda bisa menyuruh anak membereskan buku atau mainan yang berceceran dimana-mana setelah dipakai. Berikan pemahaman pada anak untuk bertanggung jawab dalam membereskan semua barang yang telah di pakai.

4. Mengajarkan hidup bersih
Salah satu kebiasaan baik yang perlu diajarkan pada anak yaitu kebiasaan hidup bersih. Tanamkan dalam diri anak untuk senantiasa membiasakan pola hidup sehat dan teratur. Mengajarkan kebiasaan hidup bersih bisa dimulai dari hal yang kecil seperti rajin menggosok gigi, rajin mandi dan menjaga kebersihan pakaian. Dalam mengajarkan kebiasaan hidup bersih pada anak, Anda di tuntut untuk lebih bersabar karena anak-anak tidak akan langsung bisa menerapkan kebiasaan tersebut. Selain itu, Anda juga harus memberikan pemahaman pada anak mengenai pentingnya hidup bersih.

Mengajarkan kebiasaan baik kepada anak sebaiknya dilakukan sejak dini, sebab anak yang sudah tumbuh remaja akan sedikit sulit diarahkan dan diatur, sebab anak sudah memiliki pandangan dan keputusannya sendiri. Dengan mengajarkan beberapa kebiasaan baik diatas, diharapkan kebiasaan tersebut dapat terus mereka lakukan hingga dewasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)