Ini Ide Seru Mengisi Liburan Tahun Baru

30 Desember 2018 Artikel Pendidikan


Tidak terasa akhir tahun 2015 sudah di depan mata. Orang-orang sudah mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk mengisi liburan akhir tahun yang hampir tiba. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda punya rencana untuk mengisi liburan tahun baru kali ini? Tahun baru identik dengan perayaan, pesta kembang api, dan bepergian. Bagi Anda yang berencana bepergian pada tahun baru, ada beberapa opsi yang tentunya menarik dan patut Anda coba:

Liburan bermanfaat
Tahun baru adalah saat-saat yang paling tepat untuk merenung dan melakukan perencanaan ke depan agar lebih baik. Mengisi liburan dengan membaca buku atau belajar tentang sesuatu akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan intelektual Anda. Anda bisa ke toko buku atau mendownload e-book di internet yang bermanfaat dan menawarkan berbagai macam e-book gratis. Liburan yang bermanfaat juga tidak harus kita berlibur ke tempat mahal atau mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Khusus untuk tahun baru Anda bisa pergi ke tengah kota terutama menjelang perayaan tahun baru. Maka dari itu Anda akan tetap merasakan euforia tahun baru. Liburan yang berkualitas seperti bakti sosial atau liburan ke tempat wisata edukatif juga tidak akan mengeluarkan terlalu banyak biaya.

Liburan dengan Orang Terdekat
Mengisi liburan tahun baru bersama orang yang kita sayangi seperti keluarga, teman dekat/pacar, sahabat dan teman sejak kecil itu akan lebih bermakna dan menyenangkan, agar suasana liburan tahun baru dapat berjalan dengan baik dan lancar serta momen atau suasana pergantian tahun akan semakin terasa lebih indah. Liburan tahun baru tentunya akan menjadi lebih bermakna bila kita dapat merenung sejenak bersama orang terdekat untuk memikirkan langkah dan rencana kedepan dalam hidup kita.

Pulang Kampung
Bagi orang-orang rantau, liburan tentu sangat dinantikan. Apalagi liburannya lebih dari 1 minggu, tentu akan sangat menyenangkan sekali. Liburan akhir tahun dapat dimanfaatkan dengan pulang kampung untuk bertemu orang tua dan kerabat dekat guna melepas rindu. Manfaatkanlah kesempatan pulang kampung ini sebaik-baiknya dengan banyak mengobrol dan bercengkrama bersama orang tua dan kerabat, niscaya hubungan kekeluargaan akan semakin hangat dan erat.

Wisata Alam
Wisata alam seperti pergi ke pegunungan, danau, air terjun, bahkan laut ternyata tidak hanya berfungsi untuk menyegarkan pikiran saja, tapi juga baik bagi perkembangan mental terutama bagi yang masih di masa perkembangan. Wisata alam memiliki manfaat antara lain untuk melatih komunikasi karena bertemu dengan banyak orang baru, lebih mengenal geografi suatu daerah, mendekatkan emosional antara kita dan rekan, belajar tanggung jawab, belajar bertahan hidup, mendapat pengalaman yang nyata, dan dapat menjauhkan diri dari pola hidup materialistis.

Memasak dan Mempercantik Rumah
Kalau selama ini Anda terlalu sibuk dan jarang dirumah, Anda juga bisa memasak makanan kesukaaan. Kemudian mengundang keluarga besar untuk makan bersama. Selain itu, Anda juga bisa merenovasi rumah, membuat taman dan kegiatan lain yang akan mempercantik rumah. Tahun baru, suasana rumah juga baru sehingga tahun depan lebih berbeda suasana.

Siapkan dana khusus untuk berwisata dan cari informasi wisata di tempat yang ingin Anda kunjungi. Selamat berlibur...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)