Ini Disiplin yang Wajib Diterapkan Anak di Rumah Tangga

14 Mei 2016 Artikel Pendidikan


Didalam rumah tangga secara sederhana disiplin dapat dimaknai sebagai sikap semua anggota keluarga untuk taat pada aturan yang berlaku di rumah tangga. Disetiap keluarga menganut paham, sosial dan budaya tersendiri. Antara satu keluarga dengan keluarga lainnya, akan menerapkan aturan dan cara berbeda dalam penerapannya. Namun demikian juga dengan keluarga yang memiliki anak usia sekolah, segala aturan yang diterapkan perlu menyesuaikan diri dengan sosial dan budaya yang berlaku di sekolah tempat anak belajar. Disiplin anak hendaknya berlaku universal. Karena hal ini tercemin dari disiplin yang perlu diterapkan untuk anak di lingkungan keluarga.

Disiplin dalam bermain

Bermain sangat penting artinya bagi anak- anak apalagi usia sekolah. Namun demikian bermain itu hanyalah sekadar menghilangkan kejenuhan oleh aktivitas sehari-hari. Orangtua perlu mengatur aturan bermain seperti kapan waktunya bermain, dengan siapa harus bermain dan bagaimana bentuk permainannya.

Disiplin dalam belajar

Anak-anak usia sekolah, tidak hanya belajar di sekolah. Ketika anak berada di lingkungan keluarga, anak juga mempunyai kewajiban untuk belajar. Katakanlah kewajiban mengulang pelajaran, mengerjakan PR (pekerjaan rumah) yang diberikan oleh guru. Atau membaca buku, majalah, dll. Orangtua perlu memantau apakah anak benar-benar sudah belajar atau belum. Jika anak kurang disiplin terhadap aturan ini, Anda sebagai orangtua dapat langsung menegur untuk mentaati aturan belajar di rumah.

Disiplin selama di rumah

Waktu anak lebih banyak berada di rumah ketimbang di sekolah. Selama berada di rumah, anak melakukan banyak aktivitas, mulai dari bangun pagi. Kemudian aktivitas sebelum berangkat sekolah, sepulang sekolah dan aktivitas malam hari sebelum tidur.

Disiplin dalam ibadah

Ibadah wajib dilakukan semua orang, tidak terkecuali oleh anak-anak. Orangtua harus membuat aturan beribadah agar semuanya melakukannya. Jangan melalaikan ibadah. Ini tentunya harus dipantau oleh orangtua terutama ketika anak berada di rumah.

Dari disiplin yang ada di atas, disiplin terhadap penggunaan waktu merupakan kunci penting untuk diterapkan di lingkungan keluarga, karena anak akan dapat membagi waktu dan memanfaatkannya menjadi lebih efektif.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)