Ini Dia Untungnya Masuk Kesekolah Unggulan

3 Oktober 2016 Artikel Pendidikan


Cukup banyak diantara siswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke sekolah unggulan. Begitu pula para orangtua siswa, mereka berkeinginan memilih sekolah untuk anak disekolah unggul. Mengapa? Sekolah unggul menyangkut prestasi dan prestise siswa maupun orangtua. Pada umumnya, siswa yang diterima di sekolah unggulan memiliki prestasimemadai. Prestasi ini tidak hanya prestasi akademik namun juga prestasi non akademik.

Hasil belajar selama beberapa semester, piagam penghargaan di bidang seni, olahraga dan lain-lain. Ini menjadi unsur penilaian dalam seleksi penerimaan peserta didik baru atau PPDB di sekolah unggulan. Tentunya calon peserta didik perlu mengetahui unsur penilaian ini agar diterima di sekolah unggul didaerah masing-masing.Lalu, apa keuntungan dan keistimewaan anak belajar di sekolah unggulan?

Siswa mendapat pelayanan unggul

Sekolah unggulan merupakan lembaga pendidikan yang memberikan layanan keunggulan pada peserta didik. Pelayanan itu antara lain program pembelajaran dan fasilitas yang unggul.

Cara belajar siswa lebih baik

Sekolah unggul memberikan pelayanan yang lebih baik. Siswa yang diterima di sekolah unggulan adalah siswa yang terseleksi sehingga cara belajar siswa diharapkan juga lebih baik dari sekolah reguler.

Berpacu meraih prestasi

Masuk ke sekolah unggul melalui serangkaian proses seleksi yang ketat. Memenuhi berbagai persyaratan akademis dan non akademis. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya jumlah siswa yang diterima. Di sisi lain calon peminatnya cukup banyak. Siswa yang berhasil diterima di sekolah unggulan akan bersiap untuk meningkatkan cara belajar. Siswa akan berpacu meraih prestasi belajar yang memuaskan.

Sekolah unggulan akan menerima siswa yang sudah terseleksi dengan ketat. Kemudian akan menjalani proses belajar yang bagus dengan prinsip layanan unggul. Dengan demikian akan dihasilkan siswa yang berkualitas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)