Ini Dia Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Pergi Liburan

31 Desember 2015 Artikel Pendidikan


Hal yang terkadang dilupakan bagi sebagian orang dalam liburan adalah kondisi rumah yang tak terjaga ketika ditinggal liburan. Tak sedikit kasus pencurian ataupun hal tak terduga terjadi karena kelalaian pemilik yang meninggalkan rumah saat berlibur.

Meski liburan merupakan momen yang ditunggu-tunggu bersama keluarga tercinta untuk pergi ke suatu tempat, ada baiknya, sebelum berpergian jauh dan meninggalkan rumah untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya buat langkah antisipasi dan pencegahan.

Selain kesenangan dalam berlibur, tentunya Anda tidak melupakan keamanan di dalam rumah bukan? Kejadian yang tidak diinginkan bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk di rumah saat ditinggal pergi liburan.

Nah, berikut merupakan tips menjaga kemanan rumah kala ditinggal liburan:

Periksa listrik dan pengkabelan serta tabung gas

Hal yang sangat vital adalah peralatan elektronik serta kompor gas yang masih menempel. Periksa kembali dan pastikan alat-alat elektronik di rumah telah terlepas dari sambungan stop kontak. Perhatikan juga konektor pada stop kontak yang bercabang dan lepaskan dari sambungan. Hal ini akan meminimalisir resiko terjadinya kebakaran karena hubungan arus pendek listrik. Tak lupa untuk melepaskan selang tabung gas jika tidak digunakan. Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab timbulnya kebakaran.

Memberitahu tetangga dan security

Titipkan rumah Anda atau beritahu tetangga dekat maupun security yang Anda percayai dalam mengawasi rumah Anda. Hal ini akan mencegah kemungkinan terburuk dan Anda pun bisa langsung tahu kondisi rumah jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mengunci pintu dan simpan kunci kendaraan

Kunci pintu dan pastikan beberapa kali sampai yakin. Tambahkan gembok untuk memastikan keamanan rumah Anda. Untuk mengamankan jendela, tak ada salahnya untuk pasang teralis pada rumah Anda agar pencuri tidak bisa masuk lewat jendela. Dan satu hal yang tak kalah penting ialah menyimpan kunci kendaraan Anda. Usahakan bawa kunci kendaraan Anda atau bisa dititipkan ke kerabat atau tetangga yang bisa dipercaya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)