Ini Dia Museum Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi

5 November 2019 Artikel Pendidikan


Museum merupakan gudang ilmu pengetahuan, seni dan budaya. Museum menyimpan banyak nilai - nilai sejarah yang dapat kita pelajari. Apakah Anda pecinta museum? Ingin mengisi liburan dengan pergi ke museum? Nah, pada artikel ini akan diulas museum - museum yang menarik di Indonesia.

1. Museum Kartun Indonesia

Museum ini terletak di pulau Bali. Selain pantainya yang indah, Bali juga mempunya berbagai museum yang menarik. Museum yang berlokasi di JL. Sunset Road, No. 85 ini tentunya memajang sejarah kartun di Indonesia. Di sini kita dapat melihat komik, karikatur, dan karya anak bangsa lainnya. Di sana juga terdapat kartun - kartun karya Presiden Soekarno!

2. Museum Kerang

Selain museum kartun, di Bali juga ada museum kerang yang tidak kalah menariknya. Museum yang lokasinya berdekatan dengan Museum Kartun ini merupakan museum kerang pertama di Indonesia! Museum ini menyimpan kurang lebih 10 ribu koleksi kerang dari berbagai negara.

3. Museum Anak Kolong Tangga

Berpindah dari Bali, Museum Anak Kolong Tangga berlokasi di Gedung Taman Budaya lantai 2, tepatnya di jalan Sriwedari no. 1 , Yogyakarta. Dinamakan Anak Kolong Tangga karena letaknya yang berada di kolong tangga. Museum ini memajang koleksi-koleksi mainan tradisional dari jaman dulu. Tidak hanya dari Indonesia, permainan tradisional dari luar negeri pun juga ada.

4. Ullen Sentalu

Masih di Yogyakarta, museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi berbagai macam batik. Arsitekturnya yang unik dan menarik pasti membuat Anda terpukau. Ullen Sentalu berlokasi di Pakem, Kaliurang, Sleman.

5. Museum Polri

Seperti namanya, Museum Polri menampilkan sejarah kepolisian Indonesia melalui bentuk galeri. Museum ini terletak di Jl. Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di museum ini juga ada kids corner untuk bermain detektif dan alat pendeteksi kebohongan.

Selain untuk refreshing, museum juga dapat menambah wawasan kita. Menarik bukan?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)