Ini Dia Kiat Menjadi Seorang Pemimpin Handal

1 Desember 2019 Artikel Pendidikan


Kita sebagai manusia harus hidup bersosialisasi. Salah satu cara untuk mendapat banyak teman adalah dengan ikut kegiatan di lingkungan sekitar atau jika masih bersekolah dapat mengikuti kegiatan seperti OSIS. Namun jika masuk dalam suatu organisasi tentunya akan ada pembagian tugas. Dalam menjalankan tugas tentu harus ada seorang pemimpin yang handal.Seorang pemimpin harus memiliki ide yang kreatif dalam merencanakan suatu program didalam organisasi. Inilah yang akan menentukan kemana organisasi ini akan dibawa.

Untuk menghadapi dinamika perubahan dan kompetisi yang sangat tajam dan ketat demi kelangsungan hidup organisasi itu sendiri, maka setiap orang dalam organisasi dituntut untuk dapat berpikir dan bertindak secara inovatif.

Bagaimana menjadi seorang pemimpin yang handal? Simak cara-cara berikut ini:
1. Memiliki mental yang berani mengambil resiko
Seorang pemimpin yang berani mengambil resiko akan menggunakan pendekatan portofolio, berusaha mencari keseimbangan antara kegagalan dengan kesuksesan. Mereka senang mempertimbangkan berbagai usulan atau gagasan tetapi tetap merasa nyaman dengan berbagai pemikiran yang menggambarkan tentang kegagalan-kegagalan yang mungkin akan diterima.

2. Memiliki suatu rencana usulan yang dinamis
Harus fokus pada rencana usulan yang benar-benar hebat. Setiap rencana hendaknya mudah dilaksanakan serta memiliki sumber daya yang tersedia dengan baik. Berikan penghargaan dan respons yang wajar kepada karyawan. Para pemimpin harus memliki komitmen terhadap rencananya agar karyawan tetap dapat tetap semangat dalam melaksanakan setiap pekerjaan.

3. Mampu Mengatasi Perubahan Yang Terjadi
Para pemimpin inovatif senantiasa mengobarkan semangat pentingnya perubahan. Pemimpin berusaha menggantikan kepuasan atas kemapanan yang ada dengan kehausan akan ambisi. Pemimpin dapat pula menyampaikan bahwa saat ini sedang melakukan suatu spekulasi baru yang penuh resiko, dan jika tidak bergerak maka akan jauh lebih berbahaya. Pemimpin juga harus memberikan gambaran menarik tentang segala sesuatu yang hendak diraih pada masa mendatang. Oleh karena itu, satu-satunya cara menuju ke arah sana yaitu dengan berusaha memeluk perubahan.

4. Memiliki visi untuk berubah
Jangan berharap suatu tim akan menjadi inovatif apabila mereka tidak mengetahui tujuan yang hendak dicapai ke depan. Inovasi harus memiliki tujuan dan seorang pemimpin harus mampu menyatakan dan mendefinisikan tujuan secara jelas sehingga setiap orang dapat memahami dan mengingatnya. Para pemimpin besar banyak meluangkan waktu untuk menggambarkan dan menjelaskan visi, tujuan dan tantangan masa depan kepada setiap orang . Mereka berusaha meyakinkan setiap orang akan peran pentingnya dalam upaya mencapai visi dan tujuan, serta dalam menghadapi berbagai tantangan. Mereka mengilhami kepada setiap orang untuk menjadi enterpreneur yang bersemangat dan menemukan cara-cara yang inovatif untuk memperoleh kesuksesan.

5. Memiliki Jiwa Semangat Pemimpin
Fokus terhadap segala sesuatu yang ingin dirubah. Siap dan senantiasa bergairah dan bersemangat dalam menghadapi dan menanggulangi berbagai tantangan. Energi dan semangat yang dimiliki akan berpengaruh dan mengilhami setiap orang. Kita membutuhkan dan menghendaki orang-orang dan para pendukung yang mempunyai semangat yang berkobar-kobar. Mengharapkan setiap orang dapat meyakini bahwa upaya mencapai tujuan merupakan sesuatu yang amat penting dan bermanfaat.

Jika kita menghendaki setiap orang dapat terinpirasi untuk menjadi inovatif, merubah cara-cara yang biasa mereka lakukan, dan untuk mencapai hasil yang luar biasa, maka kita mutlak harus memiliki semangat yang menyala-nyala tentang apa yang diyakini dan kita harus dapat mengkomunikasikannya setiap saat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)