Ini Dia Alasan Ikut Berkompetisi

30 Januari 2018 Artikel Pendidikan


Saat ini banyak sekali kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan mulai dari yang pesertanya TK bahkan sampai mahasiswa dan untuk umum.


Kompetisi yang dimaksud di sini lebih ke arah kompetisi positif, seperti perlombaan, olimpiade, dan lain sebagainya. Di satu sisi, kita sering mendengar bahwa banyak orang yang tidak ikut kompetisi karena merasa kompetisi itu 'tidak penting'. Padahal, sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa diambil ketika kita mengikuti kompetisi.

Inilah dia 5 hal yang menjadi alasan mengapa harus ikut suatu kompetisi dikutip dari Arry Rahmawan Peak Achievement Inspirator:

  1. Meningkatkan Keberanian dan Kompetensi Diri. Dalam kompetisi apapun itu, ketika berani memutuskan untuk ikut di dalamnya berarti kita sudah memutuskan menjadi seorang yang berani. Ya, karena tidak semua orang berani untuk mengikuti suatu kompetisi tertentu. Mulai dari yang meremehkan dirinya sendiri karena tidak bisa, rasa malas atau beribu alasan yang lain. Selain itu dengan mengikuti kompetisi, kita akan melakukan percepatan alias akselerasi untuk meningkatkan kompetensi diri. Misalnya, ketika akan mengikuti kompetisi cerdas cermat IPA nasional, pasti akan berlatih keras dan mendapatkan pelajaran di mana anak-anak yang biasa tidak mendapatkannya. Luar biasa, bukan? Mau hasilnya menang atau kalah, tetapi satu hal yang pasti kita semakin pintar dan cerdas!
  2. Membuka Pikiran Menjadi Lebih Luas. Mengikuti kompetisi-kompetisi semacam itu akan mempertemukan kita dengan banyak orang-orang hebat bahkan seringkali lebih hebat dari diri kita sendiri. Hal ini dapat melatih diri kita untuk bisa berjiwa besar karena kalau kata orang, "di atas langit masih ada langit lagi." Orang yang tidak mau ikut kompetisi, biasanya akan merasa bahwa dirinya sudah cukup 'tinggi'. Padahal masih banyak orang-orang yang lebih hebat lagi. Mudah-mudahan dari hal itu bisa semakin bersemangat lagi untuk terus belajar karena banyak sekali orang-orang hebat di sekitar kita. Tentunya kita mau menjadi lebih hebat lagi, bukan?
  3. Mendapatkan Banyak Teman Berkualitas. Sewaktu mengikuti kompetisi apapun itu, tidak lupa untuk menjalin pertemanan dengan sesama peserta. Mengikuti kompetisi itu bukan semata-mata menang atau kalah. Tetapi juga bisa menjalin pertemanan dengan banyak sekali orang-orang hebat! Manfaatkanlah momen-momen itu, kalau punya kartu nama lebih baik agar bisa bertukar kartu nama.
  4. Meningkatkan Daya Saing yang Sportif. Ini juga merupakan alasan yang paling penting. Saat ini di dunia globalisasi memang tidak bisa dipungkiri bahwa orang cenderung melihat mereka yang memiliki daya saing. Daya saing adalah keberanian dan kemampuan untuk bersaing karena memang memmiliki kapasitas yang unggul. Nah, dalam kompetisi-kompetisi semacam ini, diharapkan semua peserta dapat bersaing secara sehat dan unggul menunjukkan keahliannya masing-masing. Semakin sering ikut berkompetisi, maka nanti ketika di dunia sesungguhnya kita tidak kaget karena memang siapa yang tidak memiliki kemampuan dan daya saing dia akan ditinggalkan.
  5. Mempunyai Track Record Yang Positif. Mengikuti kompetisi itu akan banyak memberikan kemudahan di masa yang akan datang. Misalnya ingin mendaftar di SMA favorit, semakin banyak ikut lomba (apalagi menang), maka semakin besar peluang untuk diterima melalui jalur prestasinya. Dan ternyata berlaku untuk mendaftar kuliah di perguruan tinggi favorit dan juga kalau nanti mendaftar kerja atau berwirausaha. Memiliki track record yang baik akan membuat hidupmu lebih menarik di masa yang akan datang.


Itulah dia 5 alasan mengapa kita harus mengikuti kompetisi. Menang itu penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah bersikap seperti pemenang. Jangan takut mengikuti kompetisi karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil untuk diterapkan dalam kehidupan.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)