Ini Dia 5 Rahasia yang Membuat Ibu Baru dan Bayi Selalu Merasa Bahagia!

17 September 2016 Artikel Pendidikan


Memiliki buah hati merupakan anugerah yang tiada tara. Sebagai orangtua baru, tentu perasaan senang dan haru turut menyelimuti keluarga. Namun, tak jarang pula beberapa orangtua terkadang belum biasa dalam menghadapi si kecil yang rewel dan sering menangis. Alhasil, Anda malah stres dibuatnya.

Namun, Anda bisa siasati hal tersebut dengan menciptakan suasana nyaman dan tenang sehingga Anda sebagai orangtua baru dan si bayi selalu merasa bahagia. Yuk simak 6 tips berikut untuk membuat bayi dan Anda sebagai orangtua selalu merasa bahagia!.

1. Ciptakan suasana rahim

Seperti yang Anda ketahui, bayi yang baru lahir kebanyakan akan menangis berkepanjangan. Mereka rindu pada suasana rahim. Cara mendiamkan bayi yang mendekati suasana dalam rahim. Gendong dan dekaplah bayi. Ini membuat bayi merasakan kehangatan rahim yang menenangkan. Gendong bagian samping tubuhnya, misalnya bagian kiri perut untuk memperlancar sistem pencernaannya yang belum sempurna. Setelah itu, tak lupa pula untuk memberi ASI untuk mencukupi nutri si kecil.

2. Hadapi dengan tenang

Jika Anda berhadapan pada situasi di mana buah hati sering rewel, maka bersikaplah tenang. Hasil studi menarik menunjukkan bahwa emosi yang dikeluarkan oleh Anda akan berdampak atau bereaksi juga terhadap bayi. Sebab, ia bisa merasakan degup jantung Anda yang penuh emosi. Keadaan ini akan membuat bayi makin rewel. Jadi, tetaplah bersikap tenang.

3. Siapkan hiburan untuk mata dan telinga

Bayi senang membanting, menggerak-gerakkan rattle dan membuat suara. Tapi mereka butuhkan Anda berada di dekatnya untuk merasa aman dan nyaman saat bereksplorasi. Sediakan boneka atau bola-bola kecil dengan warna-warna kontras di dekat tempat tidur. Di pagi hari, baringkan bayi di sisi jendela, tempat ia bisa melihat keluar dan mendengar aneka suara. Benda-benda dan suara akan membuat mata dan telinganya terhibur, membuatnya tenang.

4. Kenalkan pada rutinitas

Seiring bertambahnya usia pada bayi, rutinitas bayi kini tak lagi hanya tidur dan makan saja. Kenalkan kegiatan lainnya dan juga ajak ia mengenal perbedaan waktu. Misalkan tanamkan pada diri anak kebiasaan sehari-hari seperti bangun tidur setelah itu mandi pagi dan rutinitas lainnya hingga malam.

5. Beri sentuhan

Sebuah studi menemukan, anak yang saat bangun tidur dipeluk, diayun dan dicium menunjukkan berat badannya bertambah dengan cepat dan lebih dini merangkak serta berjalan. Secara emosi, sentuhan juga memberinya rasa aman dan nyaman di dunia barunya.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)