Ini Cara Miliki Anak yang Berempati

5 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Anak memiliki kebiasaan suka meniru dan mengikuti apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Namun, semua itu harus tetap dalam pengawasan Anda agar anak tidak serta-merta meniru semuanya tanpa adanya penyaring antara yang baik dan buruk. Salah satu hal yang perlu Anda ajari kepada anak adalah memiliki rasa empati. Mengapa empati itu penting?

Empati merupakan kemampuan untuk menyadari perspektif lain dan mengatur respons emosional. Ini memunculkan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, serta mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan. Ini juga memberikan kontribusi untuk stabilitas emosi, ketahanan, kemampuan untuk mengatasi kesulitan, keterhubungan sosial, dan kepuasan umum. Inilah sebabnya empati sangat penting untuk ditanamkan pada anak. Namun bagaimana cara menanamkan hal tersebut ke dalam benak anak-anak?

1. Tunjukkan simpati
Penelitian menunjukkan anak-anak lebih mungkin untuk menunjukkan kepedulian empati terhadap orang lain jika mereka memiliki orang tua yang menunjukkan simpati dan bimbingan setiap waktu, bukan hanya ketika mereka marah.

2. Berikan anak Anda kasih sayang secara fisik
Ini bisa Anda lakukan dnegan memberikan pelukan, dekapan atau sentuhan fisik lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa kasih sayang secara fisik dapat meningkatkan oksitosin mereka, sehingga memberikan kontribusi untuk kemampuan yang lebih dalam memecahkan masalah, memahami, dan berhubungan dengan pengalaman orang lain.

3. Ingat anak Anda memiliki pemikiran sendiri
Cobalah untuk berdiskusi tentang perspektif dan emosi yang unik dengan anak Anda. Hal ini menanamkan tidak apa-apa untuk menerima keinginan, keyakinan, perasaan dan pikiran orang lain.

4. Berikan dukungan emosional dan fisik pada anak
Penelitian menunjukkan bahwa ketika anak-anak memiliki rasa aman dalam hubungan, mereka akan mulai perduli dengan anak-anak lain yang kesulitan.

5. Role-play dengan anak Anda
Minta anak Anda untuk bertindak dan merasakan seperti yang orang lain rasakan. Contohnya dengan membawa anak melihat dan merasakan orang-orang yang kurang beruntung dari mereka. Pada akhirnya anak akan memiliki lebih banyak empati untuk orang-orang yang kesusahan.

6. Tunjukkan empati Anda untuk orang lain di depan anak Anda
Jangan lewat mulut saja, Anda juga harus menunjukkannya langsung di depan anak Anda.

7. Tunjukkan apa yang anak Anda memiliki kesamaan dengan orang lain.
Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih mungkin merasa empati terhadap anak-anak lain yang mirip dengan mereka. Jika anak Anda kesal karena melihat adiknya rewel, tunjukkan juga jika saat bayi dia pun melakukan hal yang sama.

Empati adalah salah satu karunia yang dapat diajarkan kepada anak-anak, karena membantu mereka melihat sisi baik orang-orang di sekitar mereka.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)