Ini 5 Trik Jitu Membangun Motivasi Belajar Anak

21 Januari 2017 Artikel Pendidikan


Untuk membangun motivasi belajar anak tidak hanya dilakukan oleh guru. Orangtua dapat berperan lebih aktif untuk melakukan semua itu. Bahkan orang-orang berada di sekitar lingkungan anak akan mempengaruhi motivasi belajar anak.Jika orangtua berhasil menumbuhkan motif belajar yang tinggi pada anak di rumah maka tugas guru di sekolah tidak akan lebih berat. Mengapa dikatakan demikian? Dengan potensi kemauan dan minat belajar yang dimiliki anak sejak dari rumah, guru berpeluang mengembangkan potensi itu melalui pembelajaran yang menyenangkan. Jadi, bagaimana membangun motivasi belajar anak di rumah?

Berikut ini 5 trik jitu membangun motivasi belajar anak:
1. Menciptakan suasana yang kondusif
Suasana yang nyaman di rumah akan membuat anak menjadi betah untuk belajar. Tentu suasana ini tidak tergantung pada bagus atau tidaknya sebuah rumah. Namun lebih dipengaruhi oleh suasana yang nyaman dan tentram di rumah.

2.Menyediakan berbagai sumber dan bahan belajar
Anak akan terdorong untuk belajar apabila sumber dan bahan belajar anak tersedia sesuai kebutuhannya. Misalnya berbagai buku pelajaran pokok atau penunjang dan bacaan lainnya yang menarik bagi anak.

3. Kebiasaan membaca dari orangtua
Anak cenderung meniru kebiasaan orangtua. Jika orangtua gemar membaca maka anak akan mencoba mengikutinya. Anak akan penasaran mengapa orangtuanya sering terlihat membaca buku, majalah atau surat kabar. Jawabannya akan ditemukan sendiri oleh anak tanpa dijelaskan orangtua. Bahwa membaca itu kebutuhan rohani yang sangat penting.

4. Memberikan pujian
Orangtua selalu mengikuti perkembangan anak belajar di rumah. Jika anak melakukan sesuatu yang positif dalam belajar, tidak ada salahnya orangtua memberikan pujian dalam bentuk verbal maupun non-verbal. Memberikan acungan jempol, anggukan kepala, atau mengucapkan kata "bagus". Tindakan ini akan menambah semangat anak dalam belajar.

5. Memberikan reward
Reward merupakan sejenis penghargaan atau hadiah bagi anak yang berhasil meraih prestasi belajar yang memuaskan di sekolah. Hal ini sangat ampuh untuk membangun motivasi ekstrinsik siswa. Tidak perlu yang mahal namun berkesan dan menarik bagi anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)