Ingin Tahu NIDN Anda? Yuk Cek Disini!

18 Juli 2014 Artikel Pendidikan


NISN dan NUPTK memang tidaklah asing bagi kalangan murid dan guru karena nomor induk tersebut merupakan data pendidikan yang telah diprogram oleh pemerintah khususnya Kemendikbud. NISN sendiri harus dimiliki tiap siswa jika ingin berpindah sekolah dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pendaftaran sekolah. NUPTK juga diperlukan guru untuk tunjangan atau sertifikasi serta berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.

Namun untuk para Guru yang berada di tingkat paling tinggi yakni di Sekolah Tinggi, Perguruan Tinggi atau di Universitas atau lebih dikenal dengan Dosen. Kemendikbud telah menyediakan pendataan resmi untuk para Dosen di Tanah Air yakni Nomor Induk Dosen Nasional atau disingkat menjadi NIDN.

NIDN merupakan nomor identifikasi legalitas terhadap dosen pengajar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta (PTS), tujuan diberlakukannya antara lain untuk mengetahui secara cepat identitas dan bidang keahlian dari seorang dosen, selain itu juga belakangan ini NIDN digunakan sebagai prasyaratan untuk mengikuti beasiswa ataupun hibah penelitian dan pengabdian.

NIDN sendiri termasuk dalam rangkaian PDPT (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). PDPT menampung segala informasi aktivitas di perguruan tinggi, termasuk dosen dan mahasiswa. Data dosen diantaranya meliputi data diri dosen, kegiatan pembelajaran, jabatan fungsional, tingkat pendidikan, status, sertifikasi dosen dan sebagainya. Sedangkan mahasiswa antara lain data diri mahasiswa, status kuliah, kelulusan dan sebagainya.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai Dosen yang ingin mengetahui Nomor Induknya, Anda dapat melihat caranya berikut ini.

1. Untuk mengetahui NIDN, silahkan terlebih dahulu membuka situs resmi Kemendikbud di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

2. Setelah membuka situs resminya, sekarang lihat pada menu diatas. Pilih menu Profil Dosen

3. Saat Anda memilih menu Profil Dosen, maka akan muncul Pencarian Data Dosen berupa form pencarian Perguruan Tinggi dan Kata Kunci.

4. Masukan nama perguruan tinggi Anda dan masukan nama Anda di form kata kunci kemudian pilih Cari Dosen.

5. Bila Anda memasukan Perguruan Tinggi dan Kata Kunci dengan benar, maka data Dosen akan muncul nama Dosennya beserta NIDN-nya.

6. Tidak hanya untuk NIDN, untuk mencari NUPN juga bisa melalui cara-cara diatas. Sekedar informasi, NUPN (Nomor Urut Pengajar Nasional) adalah nomor identifikasi nasional untuk Dosen Yunior (Pendidikan Masih S1 & tidak memiliki jenjang Kepangkatan) serta Dosen yang tidak tetap. Sedangkan NIDN hanya diberikan kepada Dosen lulusan S2/S3 yang berstatus Dosen tetap. Untuk pengajuan NIDN baru, silahkan Anda dapat melihat di Persyaratan usulan Data Dosen.

7. Untuk pencarian lainnya seperti Pencarian data Perguruan Tinggi bisa dicari di Menu Profil PT (Program Studi). Untuk Pencarian Data Program Studi, bisa dicari di menu Profil Prodi (Program Studi) & untuk Pencarian data Mahasiswa, silahkan Anda dapat mencarinya di menu Profil MHS (Mahasiswa).

Oleh: Albert S
(Dikutip dari forlap.dikti.go.id)