Ingin Sukses dalam Persentasi? Ini Tipsnya

7 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Melakukan presentasi nampaknya menjadi kemampuan diri yang harus dibiasakan, apalagi bagi orang yang sudah bekerja. Namun, melakukan presentasi di depan orang banyak bisa membuat seseorang merasa gugup. Benarkah? Kegugupan itu terjadi bisa dikarenakan Anda kurang persiapan. Untuk itu, pastikan persiapan secara matang dan berlatihlah. Hal tersebut demi menarik perhatian mereka yang hadir.

Ketahuilah bahwa melakukan presentasi yang baik dan menarik perhatian rekan kerja yang lain, tentunya akan membuat diri Anda merasa bangga karena memiliki kemampuan bicara yang baik. Lalu bagaimana cara melakukan presentasi yang baik? Inilah cara melakukan presentasi yang baik dan benar:

1. Berikan Point Point-nya Saja dari Materi Yang Akan Kita Presentasikan

Dengan memberikan point-point pentingnya saja pada slide atau power point yang akan Anda presentasikan akan lebih memudahkan Anda untuk berbicara panjang lebar, tanpa harus membaca isi slide. Maksudnya, misalkan Anda memberikan materi tentang tumbuhan, Anda tulis saja pada slide dengan isi.

Tumbuhan

1. Daun

2. Batang

3. Akar

Nah dengan slide yang berisi point-point tersebut, maka Anda bisa dengan bebas sesuai dengan bahasa yang sesuai dengan pikirian Anda untuk mendeskripsikan tentang daun, batang dan akar.

2. Jangan Terlalu Serius

Sedikit celetukan yang membuat peserta presentasi tertawa lebih baik dibandingkan harus serius terus. Karena konsentrasi manusia mudah teralihkan, maka jika Anda selalu serius akan membuat para peserta presentasi menjadi jenuh dan yang ada malah peserta presentasi akan lebih asyik sendiri seperti ngobrol ke teman-temannya dan tidak memperhatikan Anda. Nanti malah yang akan Anda bicarakan malah tidak sampai ke peserta presentasi.

3. Belajar Menatap Lawan Bicara

Grogi saat menatap lawan bicara merupakan hal biasa yang sering dihadapi setiap individu. Perasaan kurang nyaman aja jika Anda menatap langsung mata dari lawan bicara Anda. Tapi itu bisa dihilangkan, dengan terus berlatih untuk menatap mata lawan bicara setiap Anda berinteraksi dengan orang lain, pasti nanti akan terbiasa dan akan membuat Anda lebih percaya diri jika berbicara di depan mata orang banyak.

4. Sisipkan Gambar dan Video Pada Slide atau Power Point

Sebuah gambar berisi ribuan kata. Ya ungkapan tersebut memang benar, dengan menyisipkan sebuah gambar pada slide atau power point kita, kita bisa mendeskripsikan banyak kata dari gambar tersebut. Selain itu, gambar dan video juga membuat orang yang memperhatikan presentasi Anda lebih tertarik untuk mengikuti apa yang Anda bicarakan dibandingkan jika Anda hanya menyisipkan tulisan-tulisan saja pada presentasi yang Anda bawakan.

5. Kuasai Pertanyaan Sebelum Presentasi

Loh? Darimana Anda bisa tahu pertanyaan orang, kalau presentasinya aja belum dimulai? Mungkin agak aneh ya memang, tapi jika Anda teliti slide atau power point yang akan kita presentasikan pasti secara tidak sadar Anda akan bertanya-tanya, ini maksudnya apa? Nah, disitu bisa Anda bisa simpulkan kemungkinan besar hal yang ditanyakan adalah hal yang Anda lihat itu. Jadi carilah jawaban dari materi yang sekiranya akan ditanyakan itu, kuasai materi tersebut, dijamin pasti Anda akan tanggap saat menjawab pertanyaan.

Pastikan Anda menggunakan kata yang mudah dimengerti namun tetap formal. Gunakanlah bahasa Indonesia atau Inggris yang baik dan benar. Semoga Bermanfaat

Oleh: Indra K
(Dikutip dari canva.com)