Ingin Sehat Mental dan Otak? Nonton Film Horor...

9 Januari 2014 Artikel Pendidikan


Meski banyak perempuan yang tidak menyukai film horor atau thriller, tapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa film horor dapat berguna bagi kesehatan jiwa dan otak perempuan.

Film horor memang tidak sepenuhnya sinkron dengan realitas. Karena itu, bisa dibilang film horor adalah realitas yang menciptakan fiksi. Maka, jika mengetahui bahwa film itu merupakan fiksi, isapan jempol, dan imajinasi, penonton pun yakin bahwa itu tidak nyata. Timbulnya pengalaman traumatis setelah menonton film horor pun terbilang jarang.

Selain itu penelitian juga menunjukkan, saat seorang perempuan menonton film horor, otak akan mengeluarkan neurotransmitter dopamin, glutamate, dan serotonin. Aktivitas otak pun meningkat sehingga pikiran akan selalu dalam keadaan siaga.

Selain itu, ancaman sinyal yang melewati hipotalamus akan merangsang kelenjar adrenal untuk menghasilkan adrenalin dan opiat yang memiliki seperti efek anestesi.

Setelah menonton film selama setengah jam, sistem tubuh akan menjadi tenang dan sistem pertahanan tubuh akan menjadi lebih kuat.

Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi Anda untuk ogah menonton film horor. Sudah terbukti, menonton film horor memiliki efek positif pada kesehatan mental dan tubuh.

Untuk reaksi fobia, pengalaman yang terjadi ketika menonton film horor dapat menyebabkan pengalaman yang positif pada tubuh, yaitu adaptif dengan situasi serius.

Bahkan para ilmuwan menemukan bahwa menonton film horor selama 90 menit dapat membakar kalori sebanyak melakukan jalan kecil. Contohnya saja, ketika menonton film horor 'The Glow', rata-rata akan membakar sebanyak 184 kalori atau sama dengan sebatang cokelat.

Film horor dapat meningkatkan detak jantung. Dengan peningkatan detak jantung itu, akibatnya terjadi pula penambahan denyut nadi, lalu darah akan mengalir lebih cepat, dan adrenalin pun akan mulai bekerja. Pada gilirannya, adrenalin itu akan mengurangi nafsu makan dan mempercepat metabolisme. Pada akhirnya hal itu memungkinkan seseorang untuk membakar kalori lebih cepat.

Menurut para ilmuwan itu terdapat 10 film yang dapat menurunkan berat badan. Film yang disutradarai Stanley Kubrick yang berdasarkan novel Stephen King, 'The Glow', menduduki peringkat pertama dalam hal ini. Selanjutnya film 'Jaws', tentang pemakan manusia menduduki peringkat kedua. Film ini dapat membakar hingga 161 kalori.

Memang hampir semua orang lebih suka bersembunyi di balik sofa atau bantal selama adegan-adegan mengerikan berlangsung. Namun disarankan bagi orang yang sedang berusaha kurus untuk selalu membuka matanya pada adegan seram itu.

Nah, bagaimana? Seram tapi bermanfaat bukan? Ingat, jika punya kelainan jantung jangan menonton yah!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)