Ingin Pintar? Yuk Optimalkan Kerja Otak

18 Oktober 2017 Artikel Pendidikan


Otak adalah titik penting dari semua mahkluk, pusat pengelolaan informasi, penghubung dan pemikiran, emosi, juga aksi. Selain bagian paling utama dan penting dalam tubuh kita, otak ternyata masih paling sedikit dimengerti daripada bagian tubuh lainnya. Otak masih menyimpan berbagai misteri yang ada dan masih tetap tidak terpecahkan sampai saat ini, misalnya mengenai ingatan, mengapa kita butuh tidur dan harus mimpi? Apa itu kesadaran, semua jawaban atas pertanyaan ini belum ada jawaban tetap dan pasti. Tapi ada berbagai fakta soal otak yang sudah tersingkap, tapi tidak banyak dikenal.

Banyak para ahli berpendapat bahwa otak manusia terdiri dari dua bagian besar yaitu: Conscious Mind atau dikenal dengan otak sadar dan Subconscious Mind atau dikenal dengan otak bawah sadar. Selain itu dari fungsinya otak juga dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu: Otak bagian kiri yang berfungsi bekerja secara logika (hitung menghitung) dan Otak bagian kanan yang berfungsi bekerja dengan imajinasi (bahasa dengan gambar).

Kapasitas dari potensi pikiran sadar manusia hanya sebesar 12% dari otaknya sedangkan sisanya adalah kapasitas potensi pikiran bawah sadar sebesar 88%. Dapat diibaratkan otak sadar manusia adalah seorang nakhoda sedangkan otak bawah sadar adalah ruang mesin (robot) yang siap melakukan perintah nakhoda.


Berdasarkan suatu penelitian seorang yang jenius dapat mengoptimalkan cara kerja otak sadarnya sebesar 5-6% dari kapasitas otak sadar manusia pada umumnya yaitu 12%. Salah satunya adalah Albert Einstein, seorang ilmuwan yang sangat tersohor, tapi jenis orang seperti ini tidak banyak hanya ± 100 manusia di dunia ini.

Menurut penelitian, Einstein lebih banyak menggunakan belahan otak kanannya (daya imajinasi yang kuat) sehingga beliau dapat menghasilkan penemuan-penemuan yang spektakuler. Berdasarkan penelitian terbaru bahwa setiap sel otak yang tersambung dengan sel otak yang lainnya akan membantu proses berpikir. Semakin banyak sambungan sel dalam otak maka akan semakin cerdas otak kita. Dalam hal ini Albert Einstein telah melakukannya.

Sedangkan manusia rata-rata hanya menggunakan kapasitas otak sadar kurang dari 4%. Apakah potensinya bisa ditingkatkan? Jawabannya sudah pasti bisa, asalkan tahu caranya dan mau melatihnya.

Hanya ada satu juta orang di dunia ini yang mampu mengoptimalkan cara kerja otak sadarnya mencapai kapasitas 4%. Sudah pasti prestasi mereka sangatlah menakjubkan.

Secara alami Tuhan menciptakan manusia sangat sempurna. Namun banyak diantara kita yang belum menyadari dan mampu mengoptimalkan cara kerja otak kita. Sesungguhnya manusia tidak ada yang bodoh, manusia sebenarnya hanya belum tahu cara mengoptimalkan cara kerja otaknya.

Nah, sekarang bagaimana cara mudah mengoptimalkan kerja otak kita? Ini dia jawabannya:

1. Tarik Nafas Dalam-dalam.

2. Buatlah Jurnal.

3. Belajarlah Sebanyak Mungkin

4. Belajarlah Membaca Cepat.

5. Ambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala.

6. Gunakan Akronim untuk Mengingat Informasi.

7. Sarapan Pagi.

8. Gunakan Tubuh Anda untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu.

9. Meditasi.

10. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula.

11. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Anda.

12. Manfaatkan Setiap Waktu Anda.

13. Jogging.

14. Latih Semua Indra Anda.

15. Latihlah Gelombang Otak Alpha Anda.

16. Konsumsilah Antioksidan.

17. Gunakan Intuisi Anda.

18. Gunakan Sistem Pembantu Memori.

19. Tetap Aktif

20. Jangan Andalkan Gadget

Nah, itu dia cara memaksimalkan kinerja otak, yuk kita latih otak kita agar kita dapat menjadi manusia yang cerdas dan pintar seperti Einstein .

Oleh: Josua M
(Dikutip dari Berbagai Sumber)